7 Cara memperbaiki masalah laptop macet saat menyiapkan Windows  

Advertisement

7 Cara mengatasi laptop macet saat menyiapkan Windows

5. Jalankan pemindaian pemeriksa berkas sistem

foto: tangkapan layar

Masalah dengan file sistem PC juga dapat menyebabkan masalah. Untuk memperbaiki atau mengganti file sistem, kamu dapat mencoba menjalankan pemindaian pemeriksa file sistem (SFC). Kamu harus masuk ke Lingkungan Pemulihan Windows (WinRE) lagi. Setelah berhasil mem-boot ke mode WinRE, gunakan langkah-langkah ini untuk menjalankan pemindaian SFC.

1. Pada layar WinRE, klik opsi Pemecahan Masalah.

2. Buka Opsi lanjutan > Prompt Perintah.

3. Di jendela Prompt Perintah, ketik perintah berikut dan tekan Enter. Ganti dengan huruf drive yang berisi Windows. Biasanya, ini adalah Drive C, tetapi itu mungkin tidak berlaku untuk semua orang. Ikuti pewrintah prompt di bawah ini. 

sfc / scannow / offbootdir= :\ / offwindir=:\windows 

Ini mungkin memakan waktu cukup lama, jadi bersabarlah. Setelah pemindaian selesai, mulai ulang PC dan periksa apakah masalahnya masih ada.

6. Copot pemasangan pembaruan Windows terbaru

foto: tangkapan layar

PC kamu mungkin macet di layar “Menyiapkan Windows” karena pembaruan yang salah atau penginstalan yang tidak tepat. Dalam hal ini, kamu harus menghapus instalan pembaruan Windows terbaru untuk memperbaiki masalah.

Karena kamu tidak dapat mem-boot PC secara normal, maka kamu harus mem-boot PC ke Lingkungan Pemulihan Windows (WinRE) untuk menghapus pembaruan. Setelah itu, gunakan langkah-langkah berikut.

1. Pada layar WinRE, buka Troubleshoot > Opsi lanjutan > Copot Pemasangan Pembaruan.

2. Pilih opsi Copot pemasangan pembaruan kualitas terbaru.

3. Klik tombol Copot pemasangan pembaruan kualitas.

4. Tunggu hingga proses pencopotan selesai, lalu klik Selesai.

5. Tekan Terus untuk meluncurkan Windows.

7. Setel ulang PC Windows

foto: tangkapan layar

Sesuai namanya, pengaturan ulang pabrik sepenuhnya menghapus salinan Windows saat ini di komputer dan menginstal versi baru. Cara ini membuat laptop seperti saat kamu pertama kali membelinya. Ini dapat membantu menyelesaikan sebagian besar masalah dengan PC Windows.

Untuk melakukan ini, kamu harus boot ke WinRE dan memilih Troubleshoot > Reset this PC. Kemudian, ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pengaturan ulang PC. Jangan khawatir, kamu dapat memilih untuk menyimpan data pribadi saat mengatur ulang PC. Setelah PC diatur ulang, PC akan melakukan booting secara normal seperti yang diharapkan.

Saat PC macet di layar “Menyiapkan Windows” bisa sangat membuat frustrasi, terutama saat tenggat waktu penting semakin dekat. Semoga salah satu metode yang tercantum di atas membantu menyelesaikan masalah, dan semuanya kembali normal.

Advertisement


(brl/red)