7 Cara menemukan AirPods yang hilang dengan aplikasi Lacak di perangkat Apple

Advertisement

Techno.id - Saat ini untuk mencari gadget yang hilang bisa lebih mudah. Maklum, teknologi pelacakan kini sudah bisa disematkan di hampir semua perangkat, termasuk AirPods. Artinya, lewatlah sudah hari-hari ketika kamu tidak dapat menemukan earbud yang hilang.

Jika kamu memiliki sepasang AirPods, cukup mudah untuk menemukannya berkat jaringan Lacak Apple. Berikut cara melacak AirPods meskipun berada jauh atau offline.

1. Cara menemukan AirPods dengan jaringan Lacak

foto: apple

Jaringan Lacak terdiri dari lebih dari satu miliar perangkat Apple yang melakukan crowdsource lokasi perangkat setiap kali pemiliknya menandainya sebagai hilang. Namun, bukan itu saja yang dapat dilakukan aplikasi Lacak di iPhone.

Dalam beberapa tahun terakhir, Apple telah mengintegrasikan semua perangkatnya dengan sangat baik sehingga kamu dapat menggunakan aplikasi untuk menemukan item Apple yang kompatibel (yang hilang) di sekitar. Semua model AirPods dapat ditemukan menggunakan aplikasi Lacak.

Tergantung pada AirPods yang kamu miliki, kamu dapat mengikuti petunjuk arah ke perangkat (jika berada di sekitar), memutar bunyi di earbud, memeriksa lokasinya di peta, atau menandainya sebagai hilang. Namun, untuk memanfaatkan jaringan perangkat Apple yang kuat dan semua fiturnya yang bagus, kamu harus memastikan telah menambahkan AirPods ke aplikasi Lacak di iPhone. Setelah menyortirnya, kamu dapat memilih metode yang sesuai untuk menemukan AirPods yang hilang.

2. Memutar bunyi di AirPods

foto: techno.id/yani andriyansyah

Mungkin kamu sering kehilangan satu AirPod dan menemukannya di bawah bantal atau di sudut seprai. Dalam skenario seperti itu, di mana earbud keluar dari casing dan kamu pikir itu dekat  atau dalam jangkauan Bluetooth, kamu dapat memutar suara di earbud untuk membantu menemukannya.

Cukup buka aplikasi Lacak di iPhone, tekan “Perangkat,” dan pilih AirPods. Pada layar berikut, tekan tombol “Putar Suara”. Jika kamu memiliki AirPods Pro (Generasi ke-2), juga dapat memutar bunyi pada casing pengisi daya. Jika salah satu earbud AirPods Pro (Generasi ke-2) terlepas dari casing pengisian daya, kamu dapat menemukannya dengan memutar atau mengikuti bunyi.

3. Ikuti petunjuk di aplikasi Lacak

foto: freepik/niksads

Jika kamu meninggalkan AirPods (di luar casing), mungkin di kantor atau gym, kamu bisa mendapatkannya menggunakan fitur Petunjuk Arah. Yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Lacak, pilih AirPods, lalu tekan tombol “Petunjuk Arah”.

Bagian Petunjuk Arah menampilkan lokasi AirPods saat ini (jika sedang online) atau lokasi terakhir yang diketahui (jika sudah mati). Untuk AirPods (Generasi ke-3) dan AirPods Pro (Generasi ke-1), kamu hanya dapat melihat lokasi satu earbud dalam satu waktu. Untuk menemukan kedua earbud, cari salah satu yang ditampilkan Lacak di peta dan masukkan kembali ke wadah pengisi daya. Dalam beberapa detik, kamu dapat melacak yang kedua. 

Jika memiliki AirPods Pro (Generasi ke-2), kamu dapat menggunakan Pencarian Presisi untuk menemukan setiap AirPods dan casing pengisian daya. Berkat chip U1, kamu dapat melacak perangkat dengan opsi “Temukan Terdekat” di aplikasi Lacak. Opsi ini menarik antarmuka dinamis yang menunjukkan arah dalam bentuk panah untuk mencapai wadah pengisi daya. Namun, agar Cari Di Sekitar berfungsi, perangkat harus berada di dekat kamu atau dalam jangkauan Bluetooth.

4. Jika AirPods dalam keadaan offline

foto: freepik/jero sennegs

Tidak ada cara untuk secara aktif melacak earbud atau wadah pengisi daya setelah kehabisan baterai. Namun, kamu masih dapat memeriksa lokasi terakhir yang diketahui di aplikasi Lacak. Seperti namanya, fitur ini memberi kamu gambaran tentang di mana AirPods berada sebelum benar-benar menguras baterainya.

Jika kamu meninggalkan AirPods atau curiga telah dicuri, pertimbangkan untuk mengaktifkan Mode Hilang. Meskipun tidak dapat membantu menemukan perangkat yang mati, Mode Hilang memperingatkan kamu saat AirPods kembali online dan terhubung ke perangkat di sekitar. AirPods tidak dapat mengakses jaringan Lacak secara mandiri, tetapi memerlukan perangkat Apple terdekat dengan akses ke GPS untuk memperbarui lokasi. Untuk mengaktifkan mode hilang, buka Temukan Perangkat > Saya > AirPods, dan tekan “Aktifkan” di bawah “Tandai Sebagai Hilang.”

Perangkat akan mencoba memperbarui lokasi earbud sesegera mungkin. Di sisi lain, pengguna yang mencoba terhubung ke AirPods akan melihat pesan “Bukan AirPods Anda” jika mereka mencoba menggunakannya dengan perangkat Apple. Kamu juga dapat menyesuaikan pesan, terutama jika menurut kamu AirPods telah dicuri.

Advertisement


(brl/red)