7 Cara mengatur tampilan ponsel Android agar terlihat lebih personal

Advertisement

Cara mengubah tampilan smartphone

5. Privasi layar kunci

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Menggunakan layar kunci adalah suatu keharusan pada ponsel pribadi kamu agar tetap aman. Jadi, ada baiknya kamu mengonfigurasi cara kerjanya. Tergantung pada ponsel, kamu mungkin menemukan pengaturan ini di menu Tampilan atau di menu, jadi lebih mudah.

Kamu bisa mengubah dua hal yang terkait dengan tampilan kunci, Batas waktu layar dan Privasi. Batas waktu layar adalah waktu tidak aktif setelah ponsel kamu terkunci. Jika kamu banyak membaca di ponsel, kamu mungkin ingin mengaturnya ke angka yang lebih tinggi agar tidak perlu menyentuh layar agar tetap terjaga.

Pengaturan lainnya cukup penting karena menyembunyikan data sensitif, seperti konten pesan WhatsApp, dari layar kunci. Jadi, jika orang lain melihat layar kunci kamu, mereka hanya akan melihat bahwa kamu telah menerima pesan tanpa mengetahui isi pesan tersebut. Jika khawatir ponsel kamu tidak cukup aman, lihat pengaturan ponsel Android yang melindungi privasi kamu dari pengguna lain.

6. Lebar minimum

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Lebar terkecil adalah pengaturan tampilan tingkat lanjut dalam Opsi Pengembang. Ini memungkinkan kamu mengubah ukuran UI dengan menurunkan atau meningkatkan DPI (Dots Per Inch), membuatnya lebih kecil atau lebih besar. Cara ini memungkinkan kamu untuk memasukkan lebih banyak atau lebih sedikit aplikasi ke layar.

Konfigurasi default adalah lebar minimum layar saat ini pada perangkat kamu, sehingga aplikasi menyesuaikan UI mereka agar sesuai dengan ukuran layar tersebut. Semakin besar angka yang kamu tetapkan, semakin kecil elemen layar, dan sebaliknya. Opsi ini, dikombinasikan dengan ukuran layar dan ukuran font, dapat mengubah tampilan ponsel sepenuhnya.

7. Skala animasi

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Opsi ini memungkinkan kamu menyesuaikan kecepatan animasi pada perangkat, skala animasi Window, skala animasi Transisi, dan skala durasi Animator.

Pengaturan ini dapat berguna untuk meningkatkan kinerja nyata perangkat dengan membuat segala sesuatunya terjadi lebih cepat daripada kecepatan default. Skala default adalah 1x, dan mengaturnya ke 0,5x akan membuat animasi menjadi setengahnya. Kamu dapat mematikannya untuk kecepatan maksimum.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan dalam mode pengembang, lihat Opsi Pengembang Android terbaik yang layak untuk diutak-atik.

Dengan mengatur tampilan, maka ponsel kamu akan terlihat lebih personal untuk pengalaman yang lebih menarik dan memudahkan kamu dalam menggunakan ponsel.

Advertisement


(brl/red)