7 Cara menghemat penggunaan paket data seluler di ponsel Android  

Advertisement

Cara menghemat data selular

5. Streaming video dalam kualitas lebih rendah

foto: tangkapan layar

Banyak aplikasi streaming video memutar video dalam kualitas tinggi dengan defaut. Ini menggunakan lebih banyak data seluler. Kamu dapat mengatasinya dengan membuat perubahan pada aplikasi sehingga hanya memutar video dengan kualitas yang sedikit dikurangi.

Untuk melakukannya di YouTube, luncurkan aplikasi dan mulailah memutar video. Di pojok kanan atas video, ketuk ikon roda gigi. Pilih “Kualitas” dan pilih “Penghemat Data”. Untuk memilih resolusi pemutaran video secara manual, ketuk “Lanjutan” dan pilih resolusi, seperti 360p.

6. Nonaktifkan pencadangan Cloud pada data seluler

foto: tangkapan layar

Jika menggunakan aplikasi penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, Google Foto, dan sebagainya, nonaktifkan opsi pencadangan saat kamu menggunakan data seluler di aplikasi ini. Jika tidak, aplikasi ini akan terus mengunggah data dari ponsel ke cloud dengan menggunakan data seluler.

Untuk melakukannya di Google Drive, misalnya, luncurkan aplikasi, pilih menu hamburger (tiga garis horizontal), pilih “Pengaturan”, dan aktifkan “Transfer File Hanya Melalui Wi-Fi”. Untuk membuat perubahan itu di Google Foto, luncurkan aplikasi, pilih gambar profil, pilih Pengaturan Foto > Cadangan, pilih “Penggunaan Data Seluler”, dan ketuk “Tanpa Data”.

7. Gunakan aplikasi peta dalam mode offline

foto: tangkapan layar

Jika menggunakan aplikasi peta seperti Google Maps untuk navigasi, unduh peta yang akan kamu kunjungi sebelumnya untuk mencegah aplikasi menggunakan data seluler. Ini memungkinkan kamu menavigasi area yang dipilih tanpa harus mengunduh peta area tersebut saat bepergian.

Untuk melakukannya, luncurkan aplikasi Google Maps saat berada di jaringan Wi-Fi. Di aplikasi, navigasikan ke area yang ingin kamu unduh. Kemudian, di pojok kanan atas aplikasi, ketuk gambar profil dan pilih “Peta Offline”.

Pada halaman peta offline, pilih “Pilih Peta Anda Sendiri” dan aplikasi akan menyorot area yang kamu navigasi. Kamu dapat memindahkan area jika mau. Saat siap, di bagian bawah, ketuk “Unduh” untuk mulai mengunduh peta. Saat peta diunduh, kamu dapat menggunakannya bahkan saat offline.

Metode di atas membantu menghemat data saat kamu menggunakan paket data terbatas. Ada tips lain, seperti tidak melakukan banyak panggilan video, tidak menjelajahi web dalam jangka waktu yang lama, dan sebagainya, untuk menghemat data di perangkat.

Advertisement


(brl/red)