7 Kebiasaan menggunakan ponsel cerdas yang bisa menghabiskan masa pakai baterai, nomor 2 paling parah

Advertisement

Techno.id - Ada beberapa kebiasaan menggunakan ponsel cerdas yang dapat menguras daya tahan baterai. Seberapa pun hebat dan canggihnya ponsel cerdas yang kamu miliki, baik iPhone maupun Android, jika kebiasaan ini terus kamu lakukan, maka akan menguras baterai. 

Konsekuensinya, kamu harus mengisi daya beberapa kali dalam sehari. Setidaknya, kamu harus mengisi ulang baterai setiap malam. Berikut beberapa kebiasaan menggunakan ponsel cerdas yang dapat menguras baterai.           

1. Terlalu sering mengisi daya

foto: freepik/vlarvix

Pengisian daya yang terlalu sering membuat baterai ponsel cerdas lebih cepat rusak. Setiap siklus pengisian daya, mulai dari 100% hingga 0% lalu kembali terisi 100%, berkontribusi pada keausan komponen kimia baterai, terutama pada baterai lithium-ion yang biasa ditemukan di ponsel cerdas.

Pengisian daya yang berlebihan atau menjaga baterai tetap konsisten pada 100% dan memaparkannya pada panas berlebih dapat mempercepat proses degradasi ini. Untuk memperpanjang masa pakai baterai, disarankan kamu mengisi daya ponsel hanya jika diperlukan dan menghindari membiarkannya terus terpasang ke sumber daya setelah terisi penuh.

2. Menggunakan layar yang terlalu terang

foto: freepik/rawpixel.com

Sudah bukan rahasia lagi jika layar ponsel adalah penyedot daya baterai paling besar. Semakin terang layarnya, semakin banyak daya yang dikonsumsinya. Hal ini disebabkan lampu latar layar membutuhkan energi untuk mengoperasikannya.

Namun, banyak smartphone modern sekarang memiliki layar OLED, yang tidak memerlukan lampu latar. Premisnya sama untuk tampilan OLED. Alih-alih lampu latar, setiap piksel pada layar OLED adalah sumber warna dan cahaya mandiri. Jadi, semakin terang piksel tersebut, semakin banyak daya yang dibutuhkan.

3. Selalu mengizinkan aplikasi yang tidak digunakan mengakses fitur lokasi

foto: freepik

Kecerahan layar adalah hal yang relatif jelas menghabiskan baterai. Tetapi satu hal yang mungkin tidak kamu pikirkan adalah layanan lokasi yang berjalan di latar belakang. Saat layanan lokasi aktif, penerima GPS ponsel, radio Wi-Fi, dan koneksi selular terus diaktifkan untuk menentukan lokasi kamu secara akurat.

Inilah mengapa penting untuk memperhatikan bagaimana Android dan iPhone memberikan izin lokasi. Kedua platform memungkinkan kamu memilih opsi “Saat Menggunakan Aplikasi” untuk akses lokasi. Artinya kamu harus pelit, aplikasi mana yang perlu kamu izinkan untuk selalu mengakses lokasi kamu.

4. Pemberitahuan terus-menerus untuk membangunkan layar

foto: freepik/creativeart

Mari kita bicara tentang tampilan lagi. Seperti yang disebutkan di atas, layar menghabiskan banyak masa pakai baterai. Secara alami, semakin banyak layar dihidupkan, semakin banyak baterai yang akan digunakannya. Hal kecil yang dapat berdampak besar adalah notifikasi yang terus-menerus membangunkan layar.

Ini juga bukan hanya tentang tampilan. Setiap kali kamu membangunkan ponsel, sejumlah sensor dan proses menjadi hidup. Saat ponsel tidak digunakan, aplikasi dan aktivitas tertentu ditidurkan. Jadi, tidak hanya setiap notifikasi yang menghidupkan layar yang haus daya, tetapi juga mencegah ponsel dari untuk terus menghidupkan layar.

Advertisement


(brl/red)