7 Kebiasaan menggunakan ponsel cerdas yang bisa menghabiskan masa pakai baterai, nomor 2 paling parah

Advertisement

7 Kebiasaan yang dapat menguras baterai ponsel

5. Selalu mengaktifkan fitur asisten suara

foto: freepik

Asisten suara yang mendengarkan perintah bangun, seperti “Hai Siri” di iPhone atau “Oke Google” di perangkat Android, dapat berdampak nyata pada masa pakai baterai. Faktanya, mereka biasanya memberi tahu hal ini saat kamu mengaktifkan fitur tersebut. Asisten suara beroperasi di latar belakang, terus memantau input audio dari mikrofon perangkat untuk mendeteksi perintah bangun.

Terus-menerus mendengarkan perintah bangun tertentu mengharuskan prosesor dan mikrofon perangkat tetap aktif, yang menghabiskan lebih banyak daya. Jika ini adalah fitur yang sering kamu gunakan, trade-off dalam masa pakai baterai mungkin sepadan. Tetapi jika kamu tidak pernah menggunakan perintah bangun dengan ponsel, ada baiknya untuk mematikan fitur ini.

6. Selalu mengaktifkan Wi-Fi

foto: freepik

Wi-Fi sangat bagus, saat kamu berada di dekat jaringan. Jika jauh dari jaringan baik di rumah maupun di tempat yang memiliki jaringan Wi-Fi yang dikenal, ponsel akan terus memindai jaringan yang tersedia, menghabiskan baterai dalam prosesnya.

Hal ini terutama terlihat di area dengan kepadatan jaringan Wi-Fi yang tinggi atau saat berpindah di antara lokasi berbeda di mana jaringan tersedia. Apa yang dapat kamu lakukan untuk menghentikan ini? Nah, sebagai permulaan, matikan Wi-Fi saat kamu tidak di rumah. Android memiliki fitur yang dapat melakukannya secara otomatis. Semenatra iPhone tidak memiliki fitur serupa.

7. Selalu mengaktifkan sensor yang tidak digunakan

foto: freepik

Sama seperti Wi-Fi, ada sejumlah sensor lain di ponsel yang dapat dimatikan saat tidak diperlukan. Hal-hal seperti Bluetooth, NFC, dan GPS. Meskipun tidak menggunakan banyak masa pakai baterai, kamu tidak perlu mengaktifkannya jika tidak digunakan. Jangan aktifkan Bluetooth jika kamu tidak memiliki jam tangan pintar atau headphone nirkabel. Jangan aktifkan NFC jika kamu tidak pernah menggunakannya untuk pembayaran.

Ada banyak hal yang berpotensi memengaruhi daya tahan baterai. Karena itu selalu perhatikan pengaturan layar dan pengisian daya yang berlebihan. Meminimalkan berapa lama layar menyala setiap hari akan berdampak besar pada masa pakai baterai harian, dan kamu tidak perlu mengisi daya ponsel terlalu sering.

Advertisement


(brl/red)