7 Tips praktis memperpanjang masa pakai baterai smartphone Android, nomor 2 oke banget

Advertisement

7 Tips memperpanjang masa pakai baterai ponsel

4. Matikan Wi-Fi otomatis

foto: freepik

Sejak pembaruan Oreo, Android hadir dengan fitur yang terus mencari jaringan Wi-Fi terbuka meskipun kamu telah menonaktifkan Wi-Fi. Karena layanan berjalan tanpa henti di latar belakang, layanan ini juga menggunakan baterai secara diam-diam. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mematikannya.

1. Buka Pengaturan > Koneksi > Wi-Fi.

2. Ketuk menu tiga titik dan pilih Lanjutan.

3. Matikan Nyalakan Wi-Fi secara otomatis.

4. Jika opsi berwarna abu-abu dan kamu tidak dapat menonaktifkannya. Kamu mungkin perlu mengaktifkan lokasi satu kali untuk mengaksesnya. Ingatlah untuk mematikan lokasi lagi setelah menonaktifkan Wi-Fi otomatis.

5. Batasi aplikasi yang berjalan di latar belakang

foto: freepik

Sebagian besar aplikasi yang kamu gunakan tetap aktif bahkan setelah kamu keluar. Di situlah alat baterai khusus aplikasi Android masuk. Dengan sakelar sederhana, kamu dapat sepenuhnya membatasi aplikasi agar tidak mengakses baterai di latar belakang.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Aplikasi dan ketuk aplikasi pilihan kamu untuk melihat pengaturannya, seperti Instagram. Di halaman info aplikasi, ketuk Baterai dan pilih Dibatasi.

Jika memiliki ponsel yang lebih lama, kamu juga dapat mencoba aplikasi pihak ketiga seperti Greenify. Ini secara otomatis menghentikan aplikasi dari penggunaan sumber daya di latar belakang. Namun, disarankan untuk menggunakan fitur asli pada perangkat modern karena umumnya berfungsi lebih baik daripada solusi pihak ketiga.

6. Nonaktifkan piksel layar secara manual

foto: freepik

Jika tidak nyaman dengan gradien yang lebih gelap, kamu dapat mematikan piksel secara manual melalui aplikasi pihak ketiga seperti Pixoff. Aplikasi ini juga dapat menggunakan salah satu dari beberapa pola kisi yang tersedia untuk dengan cepat, misalnya, menonaktifkan setengah piksel.

Kecuali kamu sedang menonton film atau mengonsumsi konten lain dalam format HD, kamu tidak akan melihat banyak penurunan kualitas, terutama jika kamu memiliki layar 1080p atau lebih tinggi. Beberapa produsen seperti Samsung juga menyertakan pengaturan yang memungkinkan kamu mengurangi resolusi layar.

7. Nonaktifkan akses data latar belakang

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Demikian pula, kamu dapat memutuskan akses data selular untuk aplikasi yang menurut kamu tidak boleh digunakan di latar belakang. Jika aplikasi tidak menerima akses internet, aplikasi tersebut tidak dapat memuat file baru dan bekerja di latar belakang. Akibatnya, cara ini akan menghemat baterai.

Untuk menghentikan aplikasi menggunakan data selular di latar belakang, buka Pengaturan > Aplikasi, lalu pilih aplikasi. Di bawah Penggunaan, ketuk data seluler dan matikan izinkan penggunaan data latar belakang.

Advertisement


(brl/red)