8 Cara memotret foto matahari terbenam dengan ponsel cerdas agar hasilnya estetik 

Advertisement

Cara memotret sunset dengan ponsel

5. Manfaatkan lens flare sebaik-baiknya

foto: freepik/sergnivens

Lens flare lebih sulit untuk dipasang di ponsel cerdas daripada kamera, tetapi ini masih merupakan cara yang fantastis untuk membuat gambar matahari terbenam kamu menonjol. Disarankan mengarahkan ponsel cerdas ke arah matahari saat sedang terbenam, lalu mengetuk matahari untuk fokus pada area khusus ini. Setelah melakukan itu, kamera ponsel kamu akan mengambil foto lens flare yang cukup solid. Kamu mungkin harus mencoba beberapa kali sebelum mendapatkan gambar lens flare yang kamu sukai.

6. Temukan lingkungan sekitar yang menarik

foto: freepik/tawatchai07

Salah satu cara untuk membuat foto matahari terbenam terlihat menarik adalah dengan menemukan lingkungan sekitar yang menarik. Misalnya jika berada di tengah perkotaan, ada baiknya mengabadikan pemandangan kota dari ketinggian.

Jika berada di alam, kamu bisa menyertakan pepohonan dalam foto. Kamu bisa juga menambahkan latar belakang pemandangan lainnya seperti pegunungan, dan jika dekat dengan laut, coba sertakan beberapa satwa liar dalam bidikan jika kamu menemukannya.

7. Fokus pada bayangan dan tekstur yang menarik

foto: freepik/user26142724

Kamu juga bisa memperhatikan bagaimana cahaya berinteraksi dengan permukaan. Misalnya, saat matahari terbenam, perhatikan bahwa matahari akan memantulkan bangunan secara berbeda. Selain itu, seberapa intens matahari terbenam akan tergantung pada waktu dalam setahun.

Kamu juga bisa menemukan bayangan dan tekstur di jalanan dan lanskap. Berfokus pada perubahan cahaya ini, terutama saat mengabadikan matahari terbenam di tempat kamu tinggal, akan mendapatkan hasil foto yang lebih menarik.

8. Bidik dalam kondisi unik

foto: freepik/dipetre

Ketika berpikir tentang fotografi matahari terbenam, kamu bisa memotret di musim panas dan di pantai. Kamu juga bisa mendapatkan bidikan keren jika hujan dan melihat pelangi mendekati waktu matahari terbenam.

Mungkin sangat sulit untuk mengambil foto matahari terbenam dalam cuaca mendung, tetapi disarankan untuk melakukannya jika awan memperlihatkan bintik-bintik cahaya.

Advertisement


(brl/red)