8 Cara memperbaiki iPhone atau ponsel Android yang tidak bisa mengisi daya

Advertisement

Cara memperbaiki pengisian daya ponsel

5. Ganti kabel USB

foto: freepik/cloud7days

Jika tips di atas tidak menyelesaikan masalah, bisa jadi disebabkan kabel pengisi daya. Gunakan kabel USB lain untuk melihat apakah itu memperbaiki masalah. Ini mungkin lebih rumit dengan kabel USB-C, karena sebagian besar perangkat bekerja menggunakan USB-C PD (Power Delivery).

Perangkat dan adaptor dinding harus kompatibel dengan PD untuk menegosiasikan pengaturan pengisian daya terbaik. Kabel atau adaptor yang rusak atau tidak kompatibel dapat menyebabkan masalah pengisian daya.

6. Ganti adaptor dan kabel pengisi daya

foto: freepik/mateus andre

Jika mencolokkan ponsel dan mulai mengisi daya dan kemudian berhenti, masalahnya mungkin disebabkan kabel atau adaptor yang rusak, jadi coba yang lain.

Tukar semua peralatan pengisian daya dengan bagian lain, satu per satu. Ini berarti mencoba kabel, pengisi daya, dan telepon yang berbeda sampai kamu mengidentifikasi masalahnya. Jika masalahnya bukan dari adaptor atau kabel pengisi daya, mungkin masalah tersebut terkait dengan ponsel.

Jika mencoba stopkontak, pengisi daya, dan kabel USB yang berbeda tidak menyelesaikan masalah, kemungkinan besar masalahnya terkait dengan perangkat kamu. Menggunakan kabel pengisi daya dan adaptor dengan ponsel lain adalah cara termudah. Jika yang terakhir mengisi daya, kamu perlu mengutak-atik perangkat. Masalahnya mungkin terkait perangkat lunak.

7. Nyalakan ulang atau setel ulang ponsel

foto: freepik/javigu333

Sebagian besar ponsel memiliki screensaver yang menunjukkan persentase pengisian daya ponsel saat dimatikan. Matikan ponsel dan colokkan pengisi daya untuk melihat apakah baterai terisi daya.

Jika baterai terisi daya saat perangkat mati, tetapi berhenti saat kamu menyalakannya, mulai ulang dalam mode aman untuk menyingkirkan aplikasi apa pun yang mungkin menyebabkan masalah. Ini biasanya dilakukan dengan menekan tombol daya dan tombol volume naik atau turun secara bersamaan.

Jika mode aman menyelesaikan masalah, lakukan pembaruan perangkat lunak atau identifikasi aplikasi yang menyebabkan masalah dan hapus instalannya. Periksa pengaturan baterai ponsel dan lihat apakah ada aplikasi yang menunjukkan penggunaan latar belakang yang tidak normal.

Kamu harus mengatur ulang ponsel jika tidak dapat mengidentifikasi aplikasi yang menyebabkan masalah. Untuk melakukan ini, cadangkan data dan lakukan reset ke setelan pabrik.

Jika tidak ada opsi ini yang memperbaiki masalah pengisian daya, mungkin ada masalah dengan port pengisian daya ponsel. Masalah fisik pada konektor ponsel dapat dengan mudah diperbaiki.

8. Bersihkan konektor

foto: freepik/pvproductions

Ponsel kamu mungkin menolak untuk mengisi daya karena penumpukan serat, debu, atau kotoran. Ketuk perlahan port USB sambil memegang ponsel secara vertikal untuk melepaskan penumpukan kotoran dari konektor.

Kemudian, bersihkan port dengan sikat lembut, tusuk gigi, atau udara bertekanan. Hindari menusuk dengan benda tajam ke port pengisian daya, karena dapat merusak konektor.

Jika kamu melihat tetesan air di dalam konektor, port pengisian daya mungkin lembab. Banyak perangkat Android modern tahan air, tetapi tidak akan mengisi daya sampai ponsel benar-benar kering. Tekan kapas dengan lembut ke dalam port untuk menyerap kelebihan air, lalu biarkan mengering selama beberapa jam.

Advertisement


(brl/red)