8 Cara mengatasi masalah laptop tidak bisa mengisi daya saat dicolok ke sumber listrik

Advertisement

Baterai laptop tidak bisa dicas

5. Kurangi penggunaan sumber daya

foto: freepik

Ada kemungkinan baterai tidak terisi meskipun sudah dicolokkan tidak terkait dengan perangkat keras. Jika komputer bekerja sangat keras, pengisi daya mungkin tidak mengisi ulang baterai dengan cukup cepat.

Misalnya, jika komputer kamu menjadi panas, kipas harus bekerja lebih keras untuk mendinginkannya, yang akan membutuhkan lebih banyak daya baterai. Ketika kamu memiliki banyak program dan proses yang haus daya yang berjalan sekaligus, program dan proses tersebut akan menyedot lebih banyak daya baterai dengan kecepatan tinggi.

Pada Windows, kamu dapat membuka Task Manager dengan Ctrl + Shift + Esc, atau dengan mencarinya di menu Start, untuk memeriksa penggunaan sumber daya saat ini. Klik More details jika diperlukan, lalu pada tab Processes, kamu dapat melihat berapa banyak sumber daya yang digunakan.

Cobalah menutup beberapa program. Dalam kasus yang ekstrem, kamu harus mematikan laptop untuk mendinginkannya. Setelah kembali normal, nyalakan dan lihat apakah pengisi daya dapat mengimbangi baterai dengan beban kerja yang biasa.

6. Periksa opsi daya Windows

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Masalah perangkat lunak lain juga dapat menyebabkan baterai laptop tidak terisi, bahkan ketika dicolokkan. Meskipun paket daya di Windows tidak mengandung opsi khusus yang mencegah baterai mengisi daya, alat pihak ketiga dapat memengaruhi cara pengisian daya laptop.

Pertama, kunjungi halaman pengaturan daya Windows 10 dengan masuk ke Pengaturan > Sistem > Daya & tidur dan klik Pengaturan daya tambahan di sisi kanan. Jika kamu tidak melihat ini, perluas jendela Pengaturan secara horizontal sampai muncul.

Pada jendela yang muncul, klik Ubah pengaturan paket di samping paket saat ini. Kamu dapat mengeklik Ubah pengaturan daya lanjutan jika mau, tetapi yang paling mudah adalah memilih Pulihkan pengaturan default untuk paket ini. Lihat apakah itu membuat perbedaan.

Jika kamu menggunakan Windows 11, pilih opsi Pengaturan > Sistem > Daya. Banyak produsen laptop menyertakan opsi ambang batas pengisian daya baterai yang dapat memengaruhi cara pengisian daya perangkat. Misalnya, jika kamu memiliki laptop Lenovo, pengaturan aplikasi Lenovo tertentu dapat menyebabkan baterai berhenti mengisi daya. Gunakan menu Mulai untuk mencari Lenovo Vantage (disebut Pengaturan Lenovo pada sistem yang lebih lama) untuk menemukannya.

Setelah aplikasi terbuka, klik Daya pada panel Pengaturan Perangkat Keras, lalu gulir ke bawah untuk menemukan Ambang Batas Pengisian Daya. Jika penggeser ambang batas pengisian daya baterai khusus diaktifkan, kamu dapat memilih persentase baterai minimum dan maksimum untuk pengisian daya.

7. Perbarui atau instal ulang driver baterai

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Karena baterai adalah perangkat eksternal, Windows menggunakan driver tertentu untuk berinteraksi dengannya. Jika laptop kamu masih tersambung dan tidak mengisi daya setelah mencoba cara di atas, maka memperbarui atau menghapus driver tersebut dapat memulai proses pengisian daya.

Klik kanan pada tombol Start atau tekan Win + X, lalu pilih Device Manager dari menu yang muncul. Perluas bagian Baterai dan kamu akan melihat dua entri, Adaptor AC Microsoft dan Baterai Metode Kontrol yang Sesuai dengan Microsoft ACPI.

Klik kanan pada masing-masing entri tersebut dan pilih Perbarui driver. Kemungkinan besar cara ini tidak akan menemukan pembaruan apa pun, tetapi patut dicoba. Kamu dapat mencoba memperbarui driver secara manual, tetapi produsen komputer mungkin tidak menyediakan driver khusus untuk baterai.

Jika pembaruan tidak berhasil, klik kanan pada setiap driver baterai dan pilih Uninstall device. Cara ini akan menyebabkan komputer berhenti berinteraksi dengan baterai, tetapi driver akan diinstal ulang saat kamu melakukan boot ulang, jadi jangan khawatir. Nyalakan kembali komputer setelah kamu menghapus setiap perangkat baterai.

Setelah reboot, biarkan Windows menginstal ulang driver baterai, dan mudah-mudahan baterai akan mulai mengisi daya lagi. Jika tidak berhasil, ulangi prosesnya, tetapi setelah komputer dimatikan setelah pencopotan pemasangan, cabut pengisi daya dan lepaskan baterainya. Setelah melakukan ini, pasang kembali semuanya dan nyalakan kembali laptop kamu.

8. Ganti pengisi daya

foto: techno.id/yani andriyansyah

Jika semua cara di atas tidak berhasil, cobalah untuk mengganti pengisi daya yang baru. Saat kamu membeli pengisi daya baru, selalu pastikan bahwa pengisi daya tersebut sesuai dengan daya yang dibutuhkan laptop. Periksa spesifikasi pada pengisi daya resmi.

Ingatlah bahwa baterai akan aus seiring bertambahnya usia. Setelah sejumlah siklus tertentu, tidak ada baterai yang dapat menyimpan daya sebanyak dulu. Kamu harus memeriksa kesehatan baterai laptop, sehingga tahu kapan waktunya untuk mengganti baterai.

Advertisement


(brl/red)