8 Cara meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android

Advertisement

8 Cara meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android

5. Beralih ke mode gelap

foto: freepik

Bagi mereka yang tidak menyadarinya, layar OLED menghasilkan warna hitam dengan mematikan piksel sepenuhnya alih-alih menggunakan lampu latar, seperti pada LCD. Inilah alasan di balik warna hitam pekat itu.

Sekarang, menggunakan mode gelap di seluruh sistem dan aplikasi akan membuat sebagian besar elemen pada layar menjadi hitam. Karena piksel dimatikan sejak awal, cara ini pasti akan menghemat banyak daya baterai. Jadi, jika kamu menjalankan Android 10 atau memiliki ponsel dengan UI khusus yang memungkinkan beralih ke mode gelap, segera lakukan.

6. Periksa wallpaper dan widget

foto: freepik/ilin sergey

Banyak orang yang menyukai kustomisasi dan gemar menyimpan wallpaper hidup di samping banyaknya aplikasi di widget pada layar beranda. Sebagai informasi, wallpaper hidup ini terdiri dari elemen bergerak yang secara aktif menggunakan sumber daya di dalamnya untuk tetap hidup. Demikian pula, widget memiliki proses tersendiri yang berjalan di latar belakang.

Secara keseluruhan, ponsel kamu menggunakan banyak energi untuk menjaga agar layanan ini tetap berjalan dan dapat diakses langsung dari layar beranda. Oleh karena itu, hindari penggunaan widget yang tidak perlu dan gunakan wallpaper statis jika memungkinkan, yang lebih gelap jika menggunakan layar OLED.

7. Perhatikan jaringan seluler

foto: freepik/dapoor2560

Ponsel cenderung menggunakan banyak daya saat mencari jaringan di area dengan jangkauan rendah. Itulah alasan mengapa baterai kamu cepat habis di area tanpa jangkauan atau banyak fluktuasi jaringan. Dalam hal ini, aktifkan mode pesawatuntuk mengurangi daya yang hilang.

8. Batasi penggunaan vibrator

foto: rawpixel

Getaran sangat bagus untuk pemberitahuan dan peringatan panggilan. Namun, opsi itu tidak berguna ketika ponsel kamu tidak dalam mode hening karena motor getaran menghabiskan cukup banyak daya baterai ponsel.

Oleh karena itu, disarankan untuk mematikan umpan balik getaran untuk panggilan dan pesan, diikuti dengan umpan balik haptic untuk ketukan navigasi dan gerakan. Semakin jarang ponsel kamu bergetar, semakin hemat daya.

Advertisement


(brl/red)