8 Fitur Facebook yang dianggap mengganggu pengguna, begini cara memperbaikinya

Advertisement

Techno.id - Facebook menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang. Meskipun platform ini disukai pengguna karena bisa terhubung dengan teman atau keluarga, namun beberapa fiturnya kerap membuat kesal pengguna. Berikut adalah beberapa fitur yang dianggap buruk di Facebook dan cara kamu dapat memperbaikinya.

1. Bombardir notifikasi

foto: tangkapan layar

Facebook senang memberi tahu pengguna tentang segala hal mulai dari permintaan pertemanan baru, komentar pada postingan, ulang tahun, dan bahkan acara yang terjadi berkilometer jauhnya yang tidak diminati. Meskipun tetap mendapat informasi itu bagus, rentetan pemberitahuan juga dapat membuat kesal.

Untungnya, kamu dapat mengelola notifikasi Facebook di pengaturan. Kamu dapat menonaktifkan notifikasi yang tidak perlu, seperti pengingat acara atau unggahan video, sehingga kamu hanya akan mendapatkan ping untuk hal-hal yang penting saja.

2. Feed yang berantakan dengan postingan yang tidak relevan

foto: tangkapan layar

Umpan berita (feed) yang berantakan adalah salah satu bagian yang paling menjengkelkan dari penggunaan Facebook. Kamu masuk dengan harapan bisa melihat pembaruan dari teman dekat. Tetapi yang terjadi sebaliknya. Tidak sedikit umpan berita yang muncul dari akun dan halaman yang bahkan tidak kamu ikuti.

Untuk mendapatkan kembali kontrol, pertimbangkan untuk menggunakan fitur yang memungkinkan kamu menyesuaikan feed. Kamu dapat membisukan atau menyembunyikan postingan dari akun dan halaman tertentu yang tidak menambah nilai pengalaman kamu.

Jika hanya ingin melihat konten dari teman, lihat fitur Feed. Cukup ketuk ikon menu hamburger (tiga garus vertikal), pilih Umpan, dan pilih tab Teman. Ini akan membawa kamu ke umpan yang berisi konten dari teman saja.

3. Menandai di postingan tanpa persetujuan

foto: tangkapan layar

Ditandai dalam postingan atau foto tanpa persetujuan bisa terasa seperti pelanggaran privasi. Sangat membuat kesal ketika melihat konten orang lain menjadi bagian dari profil kamu tanpa persertujuan.

Untuk mengatasi masalah ini, buka pengaturan dan sesuaikan opsi penandaan. Buka Pengaturan dan Privasi > Pengaturan > Profil dan Pemberian Tag (penandaan). Di sini, aktifkan fitur yang memungkinkan kamu meninjau postingan yang menandai kamu sebelum muncul di profil. Penyesuaian sederhana ini membantu kamu mempertahankan kendali atas apa yang dibagikan dengan teman-teman, memungkinkan kamu menghindari konten yang tidak diinginkan dari timeline.

4. Permintaan pesan

foto: tangkapan layar

Ini bisa meresahkan ketika orang asing mengirim pesan yang tidak diminta. Baik itu teman teman yang mencoba memulai percakapan atau akun spam, kotak masuk kamu dapat dengan cepat menjadi berantakan dengan pesan yang tidak diinginkan.

Kamu dapat mengambil langkah-langkah untuk membatasi gangguan ini. Praktik terbaik adalah berhati-hati dalam menerima permintaan pertemanan dari orang asing. Jika kamu tidak mengenal orang tersebut, jangan menambahkannya.

Untuk menghentikan permintaan pesan, klik ikon profil dan pilih Pengaturan & privasi > Pengaturan. Di tab di sebelah kiri, pilih opsi untuk cara orang dapat menemukan dan menghubungi kamu. Gulir ke bawah dan pilih jangan terima permintaan untuk opsi di bagian cara mendapatkan permintaan pesan.

Advertisement


(brl/red)