8 Pengaturan yang wajib kamu terapkan setelah membeli laptop Windows baru

Advertisement

8 Pengaturan laptop Windows baru

5. Menonaktifkan iklan dan rekomendasi

foto: freepik

Microsoft menampilkan iklan di berbagai area sistem operasi, termasuk menu Start, Lock Screen, File Explorer, Windows Search, Windows Store, dan banyak lagi. Meskipun Microsoft mempersonalisasi iklan dan rekomendasi ini berdasarkan aplikasi dan layanan yang kamu gunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyarankan layanan yang relevan, iklan dan rekomendasi tersebut dapat menjadi sangat mengganggu seiring waktu. Kamu harus menonaktifkannya. Sayangnya, tidak ada opsi sekali klik untuk menonaktifkan semua iklan. Kamu harus menonaktifkannya di setiap bagian satu per satu.

6. Aktifkan fitur “Temukan Perangkat Saya”

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah 

Temukan Perangkat Saya adalah fitur tak ternilai yang harus selalu diaktifkan di laptop. Ini memungkinkan kamu untuk melacak lokasi PC jika hilang atau dicuri dan menguncinya untuk mencegah akses tidak sah ke data pribadi. Kamu juga dapat mengirim pesan khusus dengan informasi kontak kamu ke Layar Terkunci, yang mungkin membantu orang yang baik hati mengembalikan laptop kamu.

Untuk mengaktifkan Temukan Perangkat Saya, kamu harus masuk ke laptop dengan akun Microsoft yang memiliki hak administratif. Setelah masuk, buka aplikasi Pengaturan, navigasikan ke tab “Privasi dan Keamanan” di sebelah kiri, lalu buka “Temukan Perangkat Saya” di sebelah kanan dan nyalakan sakelar di sebelah “Temukan Perangkat Saya.”

7. Menyiapkan Windows Hello

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Selanjutnya, atur Windows Hello untuk langsung masuk ke laptop menggunakan pengenalan wajah, pemindaian sidik jari, atau PIN, sehingga kamu dapat menghindari mengetik kata sandi yang panjang. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan, buka tab “Akun” di sebelah kiri, dan navigasikan ke Opsi Masuk > Akun. Klik opsi masuk yang ingin kamu siapkan dan ikuti petunjuk di layar.

Jika PC kamu tidak memiliki sensor sidik jari atau tidak mendukung pengenalan wajah, kamu tidak akan dapat menggunakan opsi tersebut.

8. Instal aplikasi penting

foto: freepik/rawpixel.com

Terakhir, kamu harus menginstal beberapa aplikasi penting untuk mengoptimalkan pengalaman PC Windows. Ini termasuk browser yang ringan dan hemat sumber daya seperti Pale Moon atau UR Browser, aplikasi Mode Gelap Otomatis untuk beralih antara mode terang dan gelap secara otomatis, dan alat pencarian file yang kuat seperti Everything.

Juga, instal tangkapan layar khusus dan alat perekam layar seperti Lightshot dan ShareX, bersama dengan perangkat lunak kompresi file sumber terbuka gratis seperti 7-Zip. Juga, instal PowerToys untuk mengakses berbagai utilitas berguna yang dapat membantu meningkatkan produktivitas.

Advertisement


(brl/red)