8 Penyebab pengisi daya ponsel terlalu panas, begini cara menjaganya tetap dingin

Advertisement

8 Penyebab adaptor panas

5. Menyambung pengisi daya ke soket ekstensi listrik yang rusak

foto: freepik/rawpixel

Menyambungkan pengisi daya ke soket ekstensi listrik tidak selalu menyebabkan pengisi daya menjadi terlalu panas. Namun, jika stop kontak listrik tersebut rusak, maka dapat menyebabkan pengisi daya terlalu panas. 

Selain itu, soket ekstensi listrik biasanya memiliki jumlah daya tertentu yang dapat alirkan. Menyambungkan banyak perangkat ke satu soket ekstensi listrik dapat menyebabkan soket ekstensi menjadi terlalu panas dan merusak perangkat yang terhubung, termasuk pengisi daya ponsel kamu.

6. Pengisi daya sudah terlalu tua

foto: freepik/rawpixel

Seiring waktu, komponen pengisi daya akan aus dan menurun kualitasnya. Setelah kondisi tersebut terjadi, komponen di dalamnya mungkin tidak dapat menangani panas yang dihasilkan dari arus secara efektif, sehingga menyebabkan pengisi daya menjadi terlalu panas. 

Perhatikan pengisi daya yang mengalami tekanan fisik dapat membuatnya lebih cepat aus, sehingga menyebabkannya terlalu panas.

7. Menggunakan pengisi daya palsu

foto: freepik/rawpixel

Menggunakan aksesori palsu selalu berisiko. Pengisi daya palsu biasanya tidak mempertahankan langkah-langkah keamanan standar yang diperlukan untuk aksesori elektronik, sehingga tidak jarang menjadi terlalu panas.

Selain itu, pengisi daya palsu biasanya menggunakan bahan berkualitas rendah yang tidak dapat bekerja secara optimal, sehingga menyebabkan pengisi daya menjadi terlalu panas dan dalam kasus yang ekstrim, bisa meledak.

8. Ponsel kamu rusak

foto: freepik/e.tisomboon

Jika ponsel kamu rusak, beberapa komponen di dalamnya dapat menyebabkan pengisi daya menjadi terlalu panas. Ini termasuk baterai ponsel, perangkat keras, atau bahkan perangkat lunak. Ketika ponsel kamu rusak, maka dapat menarik lebih banyak daya dari pengisi daya yang menyebabkan panas berlebih.

Cara agar pengisi daya ponsel tetap dingin

foto: freepik/vlarvix 

Pengisi daya yang selalu panas dapat menjadi sumber masalah. Untungnya, ada beberapa cara untuk membantu pengisi daya tetap dingin.

1. Selalu gunakan pengisi daya yang sesuai dan direkomendasikan untuk ponsel kamu baik untuk iPhone atau perangkat Android.

2. Sebaiknya isi daya ponsel di tempat yang sejuk dan berventilasi.

3. Jika menyolokkan pengisi daya ke soket listrik, pastikan pengisi daya tersebut memiliki peringkat yang sesuai dan berkualitas tinggi.

4. Usahakan untuk tidak mengisi daya ponsel semalaman atau dalam waktu yang lama. Pengisian daya yang berlebihan dapat menyebabkan pengisi daya menjadi panas dan merusak komponen internalnya.

5. Jika tidak digunakan, sebaiknya cabut pengisi daya dari soket listrik. Mencabut pengisi daya akan membantu mencegah panas berlebih dan merusak pengisi daya.

6. Hindari menggoyangkan atau menekuk kabel pengisi daya. Lebih baik lagi, cobalah untuk tidak menggunakan ponsel saat mengisi daya.

7. Jangan gunakan pengisi daya melewati masa pakai yang disarankan. Jika pengisi daya terus menjadi sangat panas saat mengisi daya ponsel, mungkin sudah saatnya diganti.

Advertisement


(brl/red)