8 Tips hemat baterai untuk perangkat Android yang wajib kamu coba

Advertisement

8 Tips hemat baterai Android

5. Gunakan wallpaper gelap

foto: freepik/rawpixel.com

Layar AMOLED tidak memerlukan lampu latar dibanding layar LCD yang membutuhkan cahaya untuk menerangi dan menampilkan warna. Piksel layar AMOLED menyala sendiri. Akibatnya, layer tidak menyala saat menampilkan latar belakang hitam atau elemen UI. Sebaliknya, layar LCD harus memiliki lampu latar yang selalu aktif terlepas dari warna yang ditampilkan.

6. Aktifkan penghemat baterai dan matikan aplikasi yang jarang digunakan

foto: unsplash/amanz  

Semua perangkat Android memiliki mode hemat daya dan tetap mengaktifkannya adalah salah satu tips hemat baterai yang direkomendasikan. Ponsel cerdas Android saat ini, memiliki fitur yang berguna untuk menghemat daya baterai yang disebut aplikasi power monitor.

Apa yang dilakukan App power monitor adalah mendeteksi aplikasi yang menggunakan daya baterai di latar belakang. Jika aplikasi tidak digunakan selama beberapa hari, aplikasi power monitor secara otomatis membuatnya tertidur. Atau, kamu juga dapat menidurkannya secara manual.

Namun, aplikasi yang sedang tidur tidak memberikan pemberitahuan apa pun, tetapi aplikasi tersebut akan aktif segera setelah kamu meluncurkannya. Selain itu, aktifkan mode hemat daya untuk mendapatkan masa pakai baterai beberapa jam lagi.

7. Lakukan perawatan perangkat tepat waktu

foto: freepik/rawpixel.com

Kosongkan memori, cache, file yang tidak perlu dan tidak digunakan, file sementara, dan aplikasi yang tidak lagi kamu gunakan untuk memastikan pengoperasian perangkat yang lancar dan bebas khawatir.

Jika kamu tidak melakukannya dari waktu ke waktu, maka dapat memperlambat perangkat dan pemanasan yang akan menghabiskan masa pakai baterai. Buka pemeliharaan perangkat atau pengaturan penyimpanan atau pengaturan aplikasi, tergantung perangkat kamu untuk melakukan pemeliharaan.

8. Pastikan perangkat kamu mutakhir

foto: freepik/uveelena

Selalu periksa pembaruan yang tersedia dari produsen perangkat. Terus memperbarui perangkat memastikan kamu  memiliki patch keamanan, fitur, perbaikan bug, dan peningkatan stabilitas terbaru. Hasilnya, kamu akan mendapatkan cadangan yang lebih baik dari baterai perangkat.

Selain 8 tips di atas, ada dua saran kecil untuk menjaga baterai perangkat dalam kondisi yang baik. Pertama, jangan pernah menguras baterai sepenuhnya. Kedua, nonaktifkan pengisian cepat sesekali dan sebagai gantinya, isi daya baterai dalam mode pengisian daya biasa. Sebab, pengisian cepat menghasilkan lebih banyak panas daripada pengisian biasa yang pada akhirnya memperpendek masa pakai baterai.

 

Advertisement


(brl/red)