8 Trik meningkatkan kualitas audio di PC Windows agar lebih jernih dan antibising

Advertisement

Cara meningkatkan audio di laptop Windows

5. Dapatkan file audio berkualitas tinggi

foto: freepik/rawpixel.com

Kualitas file audio sumber memengaruhi pengalaman audio. Misalnya, file MP3, karena kompresi, dapat kehilangan kualitas audio yang cukup besar, terutama jika bitrate-nya di bawah 192 kbps. Sebaliknya, format lossless seperti FLAC dan ALAC mempertahankan kualitas audio yang tinggi dan memberikan pengalaman mendengarkan terbaik.

Untuk memastikan kualitas audio yang optimal, kamu harus selalu mengunduh file dari toko musik terkemuka, menggunakan layanan streaming yang mendukung format lossless dan resolusi tinggi, dan selalu memeriksa kualitas file sebelum mengunduh. Untuk pemeriksaan yang lebih rinci, alat seperti Audacity dapat membantu kamu memverifikasi bahwa file tersebut tidak diambil sampelnya dari sumber berkualitas rendah.

6. Perbarui driver audio

foto: tangkapan layar

Meskipun memperbarui driver audio mungkin tidak meningkatkan kualitas audio secara drastis, kamu harus memperbaruinya untuk mendapatkan kinerja optimal dari perangkat keras. Jika menggunakan headphone dari merek tertentu, periksa situs web resmi mereka secara teratur untuk pembaruan dan instal saat tersedia.

Jika menggunakan speaker internal laptop, kamu dapat memperbarui driver melalui Device Manager. Unduh driver terbaru dari situs web pabrikan. Kemudian, buka Device Manager, perluas bagian “Pengontrol Suara, Video, dan Game”, klik kanan pada perangkat audio, dan pilih “Perbarui Driver”. Pilih “Jelajahi Komputer Saya untuk Driver”, pilih driver yang diunduh, dan ikuti petunjuk di layar.

7. Gunakan perangkat lunak equalizer

foto: tangkapan layar

Kamu dapat menyesuaikan suara menggunakan perangkat lunak equalizer, yang memungkinkan menyesuaikan pita frekuensi tertentu agar sesuai dengan preferensi. Aplikasi equalizer dapat membantu mengimbangi keterbatasan perangkat keras jika kamu memiliki headphone atau speaker kelas bawah. Namun, jangan berharap itu membuat perbedaan yang signifikan jika perangkat keras kamu terlalu di bawah standar.

Kamu dapat menggunakan filter prasetel untuk aktivitas seperti musik, film, dan game atau membuat profil khusus jika memiliki pengalaman mengubah pengaturan audio. Equalizer APO, FXSound, dan Boom3D adalah opsi equalizer yang solid untuk Windows, dan semuanya tersedia di Microsoft Store. Unduh dan bereksperimenlah dengan profil yang berbeda.

8. Gunakan konverter digital-ke-analog eksternal atau amplifier

foto: freepik/sid4rtproduction

Konverter digital-ke-analog (DAC) mengubah sinyal audio digital menjadi sinyal analog untuk diputar melalui headphone. Meskipun DAC bawaan melakukan pekerjaan ini dengan baik, mereka rentan terhadap gangguan listrik. Hal ini dapat menimbulkan kebisingan dan distorsi, yang memengaruhi kualitas audio. DAC eksternal dapat membantu mengatasi masalah ini.

Dampak penggunaan DAC eksternal pada kualitas audio masih menjadi perdebatan. Efektivitasnya tergantung pada kualitas audio bawaan PC. Jika suara PC kamu sudah jernih dan seimbang, DAC eksternal mungkin tidak meningkatkannya secara signifikan. Namun, DAC eksternal dapat membuat perbedaan yang nyata jika kualitas audionya di bawah standar.

Demikian juga, kamu dapat menggunakan amplifier yang mengambil sinyal analog tingkat rendah dan meningkatkan amplitudonya, meningkatkan kekuatan sinyal. Ini juga mempertahankan kualitas audio pada volume yang lebih tinggi.

Advertisement


(brl/red)