9 Cara mengetahui jika orang lain menggunakan PC Windows kamu tanpa izin

Advertisement

Cara mengetahui orang menggunakan laptop tanpa izin

6. Periksa riwayat peramban

foto: freepik

Jika browser kamu menghapus riwayat secara otomatis saat keluar, cara ini tidak akan membantu. Tetapi riwayat penelusuran, seperti cookie dan situs yang dikunjungi, menunjukkan semua yang menggunakan PC kamu secara online. Buka menu Pengaturan di browser untuk melihat riwayat. Juga, periksa bilah URL untuk data isiotomatis terbaru.

7. Tangkap pengguna jarak jauh

foto: tangkapan layar

Sangat menakutkan jika seseorang masuk ke PC secara langsung, tetapi kamu bisa memantaunya dari jarak jauh. Biasanya, riwayat masuk Windows di Penampil Peristiwa menampilkan peristiwa masuk jarak jauh. Beberapa hal lain yang perlu diperiksa untuk login Windows jarak jauh meliputi:

1. Periksa PC kamu apakah ada aplikasi baru.

2. Periksa firewall. Jika kamu telah menginstal firewall, koneksi jarak jauh mungkin muncul. Kamu bahkan mungkin melihat koneksi aktif saat ini. Gunakan firewall untuk memblokir pengguna jarak jauh. Langkah-langkah dan pengaturannya sangat bervariasi, berdasarkan jenis firewall. Untuk firewall Windows bawaan, buka Pengaturan > Privasi & keamanan > Keamanan Windows, lalu buka Keamanan > Firewall & perlindungan jaringan, dan pilih Pengaturan Lanjutan.

3. Pindai virus. Jika seseorang masuk ke Windows dari jarak jauh tanpa izin, itu mungkin karena malware. Jalankan pemindaian virus secara teratur untuk memeriksa aplikasi berbahaya. Jika kamu belum menginstal apa pun, pertimbangkan untuk menggunakan Windows Defender. Kamu juga dapat menghapus virus tanpa antivirus.

4. Periksa apakah antivirus dan firewall belum dinonaktifkan. Jika sudah, itu pertanda malware dan kemungkinan akses jarak jauh.

8. Tinjau riwayat penggunaan jaringan

foto: tangkapan layar

Hanya pengintai paling licik yang akan berpikir untuk menghapus riwayat penggunaan jaringan. Jika dihapus, itu adalah tanda yang jelas bahwa orang lain sedang masuk ke PC Windows kamu. Penting untuk memeriksa penggunaan sebelum keluar dan segera setelah masuk kembali untuk melihat apakah ada yang berubah.

Disarankan untuk mengambil tangkapan layar, tekan tombol Print Screen, Snipping tool, atau alat tangkapan layar lainnya untuk membandingkan.

Buka Pengaturan > Jaringan & internet > Penggunaan data. Filter berdasarkan 24 jam terakhir, 7 hari, atau 30 hari. Jika kamu menggunakan PC setiap hari, filter 24 jam terakhir berfungsi paling baik untuk menangkap akses yang tidak sah.

Lihat aplikasi yang digunakan, bersama dengan jumlah data yang digunakan untuk melihat apakah orang lain telah menggunakan aplikasi yang berbeda atau menggunakan lebih banyak data sejak terakhir kali kamu keluar.

9. Mencegah akses tidak sah ke PC

foto: freepik/eyeem

Jika kamu menemukan login Windows yang tidak sah, ada beberapa cara untuk mencegah akses di masa mendatang, seperti:

1. Siapkan login untuk PC. Kata sandi atau login biometrik adalah yang terbaik.

2. Selalu keluar dari PC saat kamu tidak menggunakannya.

3. Jika seseorang mencuri kredensial kamu, segera ubah kata sandi.

4. Tambahkan akun terpisah untuk setiap pengguna, termasuk anak-anak. Jika kamu memiliki PC bersama, pastikan setiap pengguna yang berbeda memiliki akunnya sendiri. Ini membantu melindungi file dan pengaturan. Namun, perlu diketahui bahwa anak-anak mungkin masih menggunakan kontrol orang tua untuk mengakses hal-hal yang tidak seharusnya mereka lakukan.

5. Jangan pernah mengizinkan akses jarak jauh kecuali itu adalah aplikasi atau pengguna bereputasi baik yang kamu percayai sepenuhnya.

6. Gunakan VPN kapan pun kamu menggunakan Wi-Fi publik. Jika peretas mendapatkan akses ke PC saat kamu berada di tempat umum, mereka dapat menginstal aplikasi yang memungkinkan mereka masuk kembali dari jarak jauh nanti.

Meskipun menempatkan bedak pada keyboard dapat membantu kamu menemukan orang lain yang masuk ke PC Windows, beberapa cara di atas akan membantu mempersempit siapa dan kapan PC kamu digunakan.

Webcam tersembunyi juga dapat membantu kamu mengetahui siapa yang menggunakan PC tanpa izin. Di luar login yang lebih aman, pertimbangkan untuk mengunci file sensitif dengan kata sandi yang kuat di Windows.

Advertisement


(brl/red)