9 Cara mengisi baterai dengan benar, hindari menambah beban parasit saat ponsel sedang di-charge

Advertisement

9 Cara mengisi daya baterai ponsel dengan benar

6. Jangan terlalu sering menggunakan pengisian cepat

foto: freepik/vitalii-petrushenko

Mayoritas smartphone modern saat ini mendukung pengisian cepat (fast charging). Meskipun pengisian cepat tidak akan merusak baterai ponsel, namun panas yang dihasilkan berpotensi memengaruhi masa pakai baterai. Jadi sebaiknya kamu jangan terlalu sering menggunakan pengisian daya cepat.

7. Gunakan pengisi daya bawaan

foto: freepik/user20678629

Jika memungkinkan, gunakan pengisi daya yang disertakan dengan ponsel kamu, karena pasti memiliki peringkat dan spesifikasi yang sesuai dengan perangkat kamu. Bisa juga kamu menggunakan pengisi daya pihak ketiga yang direkomendasikan produsen ponsel kamu.

8. Hindari beban parasit

foto: freepik/pvproductions

Jika kamu mengisi daya ponsel sambil menggunakannya seperti menonton video atau bermain game, maka kamu dapat mengacaukan baterai dengan membuat siklus mini. Kebiasaan membuat "beban parasit" ini akan membuat bagian baterai terus berputar dan rusak lebih cepat daripada bagian baterai lainnya. Idealnya, kamu harus mematikan perangkat saat mengisi daya. Tapi, lebih realistisnya, biarkan saja saat mengisi daya.

9. Jaga agar baterai ponsel tetap dingin

foto: freepik/user16766420

Panas adalah musuh baterai. Jangan biarkan terlalu panas atau terlalu dingin, terutama saat mengisi daya. Jika ponsel menjadi terlalu panas, akan merusak baterainya. Jadi usahakan agar ponsel tetap dingin.

Advertisement


(brl/red)