9 Gejala iPhone rusak karena air, pengisian daya baterai jadi tidak stabil

Advertisement

9 Gejala iPhone rusak karena air

6. Suara speaker mendam

foto: freepik/cookie-studio

Tanda lain yang jelas bahwa iPhone rusak karena air adalah suara speaker yang mendam. Jika suara iPhone mendam, maka kemungkinan mengalami kerusakan air pada perangkat keras speakernya di beberapa titik. Kamu juga dapat menguji speaker depan dengan memutar catatan suara di iMessage dan meletakkannya di telinga.

Kamu harus mengeringkan speaker untuk iPhone yang baru saja jatuh ke air. Jika itu masih tidak membantu, cobalah beberapa perbaikan speaker iPhone DIY sebelum dibawa ke service center Apple.

7. Tanda-tanda karat dan korosi

foto: freepik/ancoay

iPhone biasanya terbuat dari baja tahan karat atau aluminium, logam ringan yang kokoh, namun tetap merupakan logam. Artinya, saat iPhone terkena kelembapan atau air asin terlalu lama, logam tersebut dapat menimbulkan korosi dan menyebabkan karat atau lubang.

Amati badan iPhone dan jika kamu menemukan lubang kecil yang terkelupas pada logamnya, ponsel itu mungkin pernah terendam air sekali seumur hidupnya, dan pemiliknya tidak mengeringkannya dengan benar.

8. Pengisian daya tidak stabil

foto: freepik/e-tisomboon

Dalam sebagian besar skenario di mana ponsel jatuh ke air, apalagi air air kotoryang mengandung segala macam partikel seperti pasir atau lumpur, maka partikel-partikel tersebut dapat masuk ke port pengisian daya ponsel dan memblokir pin.

Saat pin terblokir dengan cara ini, pengisi daya mungkin tidak dapat sepenuhnya terpasang di ponsel dan menghentikan ponsel untuk mengisi daya dengan benar. Artinya, pengisian daya menjadi tidak stabil.  

Jika ponsel kamu jatuh ke dalam air berlumpur, coba keluarkan lumpur dari port pengisi daya secepat mungkin. Saat ponsel mengering, bersihkan port pengisi daya secara menyeluruh.

9. Bau aneh

foto: freepik

Air yang kotor atau asin juga dapat membuat iPhone berbau tidak sedap, terutama jika masuk ke dalam ponsel, yang lebih sulit dibersihkan. Jika kamu ingin membeli iPhone bekas yang dicurigai rusak karena air, kamu dapat mengendus area port pengisian daya untuk mengetahui apakah iPhone tersebut baru saja terendam air. Jika kamu mencium bau sesuatu yang kotor, asin, atau sedikit seperti kawat yang terbakar, itu mungkin rusak karena air.

Menghidupkan ponsel setelah air masuk ke dalam dapat menyebabkan air di dalamnya berubah menjadi uap saat ponsel memanas. Uap tidak hanya dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan, tetapi juga dapat menyebabkan bau aneh keluar dari ponsel.

Jika iPhone rusak karena air, kamu masih dapat memperbaikinya dengan beberapa tindakan cepat. Matikan, keringkan, dan bersihkan. Terakhir, jangan dimasukkan ke dalam beras.

Advertisement


(brl/red)