9 Hal yang harus kamu perhatikan saat pengisian daya baterai ponsel

Advertisement

Baterai ponsel

5. Saat ini setiap ponsel pintar memiliki baterai lithium-ion. Baterai lithium-ion bertahan setidaknya selama dua tahun. Namun kamu dapat meningkatkan masa pakai baterai dengan mengikuti aturan 30-80. Beberapa orang mengikuti aturan 20-80, dan yang lainnya mengikuti aturan 40-80.

6. Mengapa kamu tidak boleh mengisi daya ponsel hingga penuh? Baterai lithium-ion baru memiliki masa pakai 500-700 siklus pengisian daya. Jadi jika kamu mengisi daya ponsel 0% hingga 100% setiap hari, baterai akan kehilangan kapasitas listrik dan kimianya setelah 1,5 tahun sampai 2 tahun.

foto: freepik/psodaz

7. Jika kamu mengikuti aturan 30-80, maka tidak perlu mengisi daya baterai hingga 100% dan tidak mengosongkannya hingga 0%. Cukup jaga persentase baterai kamu antara 30% dan 80% setiap hari. Dengan melakukan cara ini, baterai ponsel cerdas atau perangkat lain dapat bertahan hingga lebih dari 6-8 bulan.

8. Yang perlu diingat, ketika kamu membeli ponsel baru, pastikan untuk mengosongkannya secara menyeluruh dan kemudian mengisinya hingga 100% agar baterai dapat bekerja pada efisiensi totalnya.

9. Tidak ada masalah jika kamu mengisi daya beberapa kali sehari. Tetapi saat mengisi daya ponsel, ada beberapa hal yang haru kamu perhatikan. Jangan menarik atau mendorong kabel pengisian daya dengan keras. Jangan letakkan ponsel di dekat tempat yang panas saat mengisi daya. Jangan gunakan aplikasi berat saat mengisi daya ponsel.

Advertisement


(brl/red)