9 Penyebab mengapa baterai ponsel Android kamu terisi lambat, begini cara memperbaikinya

Advertisement

9 Penyebab baterai lambat mengisi daya

6. Periksa aplikasi di ponsel kamu

foto: freepik/grinvalds

Layar dikenal sebagai penyedot baterai nomor satu. Tetapi aplikasi yang ‘nakal’ juga dapat melakukan lebih banyak hal untuk menghabiskan baterai dan mencegahnya mengisi daya dengan cepat.

Aplikasi Android sering kali melakukan booting sendiri atau berjalan di latar belakang setelah dibuka sesaat. Memiliki satu atau dua aplikasi nakal dapat membuat kinerja ponsel terganggu.

Pilihan terbaik adalah menutup aplikasi, membatasi aktivitas latar belakangnya, atau menghapus instalasinya. Namun, kamu harus mengenali aplikasi yang menguras baterai terlebih dahulu. Begini caranya.

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Masuk ke Baterai.

3. Tekan Penggunaan baterai.

4. Telusuri daftar aplikasi dan periksa apakah ada aplikasi yang menggunakan lebih banyak energi daripada yang seharusnya.

5. Ketuk aplikasi untuk menghentikan paksa atau menghapus instalan.

7. Jangan gunakan ponsel saat mengisi daya

foto: freepik/rawpixel

Menggunakan ponsel saat mengisi daya dapat menghabiskan terlalu banyak sumber daya dan menyebabkan baterai terisi lebih lambat. Istirahatlah sejenak. Mungkin gunakan tablet atau perangkat lain untuk sementara waktu.

Tidak menggunakan ponsel secara berlebihan adalah salah satu rekomendasi utama untuk memaksimalkan masa pakai baterai. Selain akan menyedot daya baterai, menggunakan ponsel saat diisi daya juga dapat menimbulkan panas. Ingat, panas yang ekstrem (dan dingin) dapat membahayakan perangkat dalam jangka panjang.

8. Kondisi baterai sudah sekarat

foto: freepik/vladyslavhoroshevych 

Jika kamu telah memiliki ponsel untuk waktu yang lama dan sering menggunakannya, hal ini mungkin telah berdampak pada baterai. Seiring masa pakai, kualitas baterai akan menurun dan lebih cepat rusak apalagi jika sudah melalui banyak siklus, termasuk sering menggunakannya, dan membiarkannya menjadi panas.

Jika baterai ponsel kamu mulai sekarat, maka opsi terbaiknya adalah menggantinya. Jika kamu benar-benar ingin mempertahankan ponsel yang sama, mak harus meminta teknisi untuk menggantinya.

9. Reset data pabrik

foto: freepik/techno.id/yani andriyansyah

Cara terakhir yang bisa dicoba adalah reset data pabrik. Proses ini akan menghapus semua yang ada di perangkat dan memberikan awal yang bersih. Pada dasarnya, proses ini akan membuat ponsel kamu tetap seperti saat pertama kali dinyalakan, setidaknya dari sisi perangkat lunak.

Terkadang beberapa aplikasi dan sistem di ponsel kamu bermasalah sehingga menguras sumber daya baterai. Apa pun masalahnya, pengaturan ulang data pabrik akan mengembalikan semuanya ke kondisi semula. Cobalah. Jika ponsel masih mengisi daya dengan lambat setelah penghapusan total, masalahnya mungkin berbasis perangkat keras.

Cara reset data pabrik

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Masuk ke Sistem.

3. Pilih opsi Reset.

4. Ketuk Hapus semua data (pengaturan ulang pabrik).

5. Ketuk Hapus semua data.

6. Masukkan PIN, pola, atau sidik jari kamu.

7. Konfirmasikan dengan memilih Hapus semua data.

Advertisement


(brl/red)