9 Tips dan trik mengisi daya ponsel Android agar lebih cepat, jangan pakai adaptor abal-abal

Advertisement

Cara mempercepat pengisian daya

5. Menggunakan sumber daya listrik PLN

foto: freepik/noppadon_chaingam

Menggunakan port USB di komputer atau di mobil membuat pengisian daya sangat tidak efisien. Sebab, biasanya sumber listrik non-PLN hanya menawarkan output daya 0,5A.

Sebaliknya, sumber listrik PLN biasanya akan memberikan output 1A, tergantung pada perangkat kamu. Memang tidak ada yang salah jika kamu menggunakan sumber listrik lain seperti dari laptop atau perangkat lain seperti sumber listrik yang berasal dari mobil. Tetapi hal itu akan memperlambat pengisian daya. Sebagai aturan praktis, hanya gunakan mobil atau laptop untuk mengisi ulang daya, bukan untuk mengisi daya penuh.

6. Hindari pengisian daya nirkabel

foto: freepik/brukoik 

Saat ini hamper semua ponsel keluaran terbaru akan mendukung pengisian daya nirkabel. Namun, jika kecepatan pengisian daya adalah prioritas nomor satu, maka kamu harus menghindarinya.

Sebab, biasanya perangkat nirkabel menawarkan pengalaman pengisian daya yang jauh lebih lambat daripada menggunakan kabel. Bahkan, beberapa pengujian menunjukkan menggunakan pengisian daya nirkabel, 50% lebih lambat.

Alasannya lebih efisien mentransfer energi melalui kabel. Selain itu, saat menggunakan pengisian daya nirkabel ada energi yang terbuang sebagai panas berlebih.

7. Lepaskan casing ponsel

foto: freepik/user16766420 

Semua ponsel pintar saat ini mengandalkan baterai lithium-ion. Bahan kimia baterai tersebut menyatakan bahwa proses pengisian daya akan bekerja jauh lebih efisien ketika baterai dalam keadaan dingin.

Untuk mengisi daya ponsel lebih cepat, suhu baterai harus berada di antara 5 hingga 45 derajat Celcius. Tentunya, suhu baterai sebagian dikendalikan suhu sekitar. Karena itu melepas casing akan membantu menurunkannya. Tapi jangan berpikri untuk memasukkan ponsel kamu ke dalam lemari es ya untuk menurunkan suhunya.

8. Gunakan kabel berkualitas tinggi

foto: unsplash/mac care 

Di dalam satu kabel pengisi daya biasanya terdapat empat kabel terpisah, merah, hijau, putih, dan hitam. Kabel putih dan hijau untuk transfer data sementara kabel merah dan hitam untuk pengisian daya.

Jumlah ampere yang dapat dibawa kedua kabel pengisian daya ditentukan oleh ukurannya. Kabel standar berukuran 28 gauge dapat membawa sekitar 0,5 ampere. Sedangkan kabel berukuran 24 gauge yang lebih besar dapat membawa 2 ampere.

Umumnya, kabel murah menggunakan pengaturan 28 gauge, sehingga menghasilkan kecepatan pengisian daya yang lebih lambat. Jika kamu ingin menguji kabel untuk efisiensi pengisian daya, unduh Ampere. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengukur tingkat pengisian dan pengosongan perangkat.

9. Gunakan adaptor pengisi daya cepat

foto: freepik/gutaper

Salah satu cara terbaik untuk mengisi daya ponsel lebih cepat adalah dengan menggunakan adaptor daya yang lebih cepat yang dipasangkan dengan kabel berkualitas tinggi. Beberapa adaptor pengisi daya dirancang untuk menyediakan daya hingga 45 watt atau lebih, yang biasanya jauh lebih cepat daripada pengisi daya standar. Jika ponsel kamu mendukung pengisian daya cepat, selalu gunakan adaptor tersebut.

Namun, kamu mungkin bertanya-tanya apakah pengisian daya cepat berdampak buruk bagi masa pakai baterai ponsel? Kamu tidak perlu khawatir selama kamu menggunakan adaptor pengisi daya cepat yang kompatibel dan berkualitas tinggi.

Advertisement


(brl/red)