Baterai iPhone kamu tidak bisa terisi hingga 100%? Begini cara memperbaikinya 

Advertisement

Techno.id - Dari masalah perangkat lunak sederhana hingga perbaikan perangkat keras yang lebih besar, ada banyak alasan mengapa iPhone, khususnya untuk versi yang lebih lama, tidak bisa mengisi daya hingga 100%. Ada sejumlah penyebab yang membuat baterai iPhone tidak mampu menampung daya secara optimal.    

Jika sudah begini, kamu harus selalu menyiapkan perangkat pengisian daya. Sebab, sangat mungkin iPhone kamu tidak akan bertahan selama sehari dengan sekali pengisian daya. Ketika iPhone tidak mengisi daya hingga 100%, atau tetap pada ambang batas 80%, karena Apple memperkenalkan fitur sejak iOS 13 yang disebut “Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan”.

Fitur ini memiliki perangkat lunak yang mencegah atau menunda pengisian daya perangkat hingga 80% selama kamu tidak menggunakan perangkat. Dengan Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan, perangkat menggunakan pembelajaran mesin untuk mempelajari pola penggunaan harian dan rutinitas pengisian daya kamu, sehingga membatasi pengisian daya hingga 80% hingga kamu menggunakannya.

Sebelum mencoba memperbaiki dan mengubahnya, pastikan kamu mengetahui pembaruan iOS terbaru dengan masuk ke pengaturan dan mengklik perbarui. Meskipun ini mungkin fitur yang mengganggu, Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan seharusnya membantu kamu dalam jangka panjang. Fitur ini memperpanjang masa pakai baterai iPhone dan membantu mencegah kamu menghabiskan baterai terlalu cepat.

Baterai iPhone yang tidak terisi hingga 100% bisa juga disebabkan suhu baterai itu sendiri. Saat mengisi daya iPhone secara berlebihan, dapat menghasilkan banyak panas, yang merusak kesehatan baterai. Panas yang dihasilkan perangkat saat mengisi daya pada dasarnya memberikan tekanan ekstra pada baterai, sehingga mengurangi masa pakainya.

Jika kamu mengalami baterai iPhone tidak terisi penuh, berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengatasinya

1. Matikan fitur Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Meskipun fitur Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan seharusnya membantu kamu memperpanjang masa pakai baterai, mungkin kamu ingin mematikannya untuk melihat apakah perangkat dapat terisi penuh hingga 100%. Begini cara mematikan fitur tersebut.

1. Luncurkan Pengaturan di iPhone.

2. Gulir ke bawah dan ketuk Baterai.

3. Ketuk Kesehatan Baterai.

4. Ketuk sakelar untuk Mematikan Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan.

5. Kamu akan mendapatkan dua opsi saat mematikan Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan, Matikan Hingga Besok atau Matikan secara permanen.

2. Isi daya di tempat yang lebih dingin

foto: freepik/rawpixel.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, suhu baterai dapat memengaruhinya, sehingga iPhone mungkin tidak dapat mengisi daya hingga 100% dan macet di sekitar ambang batas 80%. Untuk mengatasinya, kamu harus mencoba memindahkan iPhone ke lokasi yang lebih sejuk, yang akan lebih kondusif.

Hindari hal-hal seperti sinar matahari langsung, ruangan dengan ventilasi yang buruk, peralatan lain yang menimbulkan panas, dan elektronik, atau perangkat lain yang dapat menghasilkan panas. Jika lingkungan masih terlalu panas, kamu harus mencoba mendinginkannya dengan kipas angin atau AC sebelum mencoba mengisi daya.

Terkadang, pengisi daya nirkabel dapat membuat iPhone bekerja cukup panas, jadi pastikan untuk memeriksa suhu iPhone secara teratur saat mengisi daya.

3. Lepaskan casing ponsel untuk menghilangkan panas

foto: freepik/mateus andre

Meskipun casing sangat bagus untuk melindungi iPhone, namun juga dapat menahan panas dari perangkat saat sedang diisi daya atau digunakan, sehingga baterai iPhone tidak terisi daya hingga 100%. Jika kamu telah melakukan langkah-langkah sebelumnya untuk mematikan Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan dan pindah ke lokasi yang lebih dingin, coba lepaskan casing. Dengan cara ini, panas yang dihasilkan dari perangkat dapat menghilang ke udara untuk mendinginkan baterai.

4. Tutup aplikasi yang menghabiskan baterai

foto: freepik

Jika beberapa aplikasi intensif sumber daya berjalan di latar belakang, ini dapat menyebabkan ponsel menjadi panas. Karena itu tutup aplikasi tersebut, cara ini akan membantu menghentikan paksa aplikasi yang menguras baterai, termasuk membantu menurunkan suhu perangkat.

5. Gunakan perangkat pengisi daya bawaan

foto: freepik/eyeem

Terkadang masalahnya bisa jadi karena kamu menggunakan aksesori pengisian daya palsu atau tidak sah yang tidak memiliki sertifikasi Made for iPhone. Usahakan selalu menggunakan perangkat pengisi daya bawaan. Jika pengisi daya orisinil kamu rusak, sebaiknya menggunakan pengganti dari pihak ketiga yang direkomendasikan Apple.

Advertisement


(brl/red)