Baterai ponsel Android kamu cepat habis? Coba gunakan 7 cara ini untuk menghematnya

Advertisement

7 Cara menghemat baterai ponsel

5. Gunakan baterai adaptif

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Baterai adaptif adalah fitur berguna lainnya yang diperkenalkan pada Android 9.0 Pie. Fitur ini didasarkan pada AI dan bekerja dengan memeriksa pola penggunaan aplikasi kamu dari waktu ke waktu dan kemudian membatasi penggunaan aplikasi yang sering kamu gunakan. Cara melakukannya juga cukup mudah.

Buka Pengaturan > Baterai > Baterai Adaptif untuk mengaktifkannya. Namun, ada masalah dengan fitur ini karena mungkin melewatkan notifikasi aplikasi. Jadi, jika kamu tidak keberatan dengan hal itu, maka dapat memperbaiki baterai yang cepat habis.

6. Aktifkan penghemat baterai

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Sebagian besar ponsel Android saat ini memiliki penghemat baterai bawaan yang secara otomatis menyala setelah baterai mencapai level rendah yang bisa mencapai 20% secara default. Namun, kamu dapat mengaturnya sesuai keinginan dan akan menyala sepanjang waktu untuk menghemat baterai.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Baterai > Penghemat Baterai dan nyalakan sakelar. Setelah mode ini diaktifkan, mungkin akan terjadi penurunan kinerja karena beberapa fitur berhenti bekerja.

7. Gunakan aplikasi pihak ketiga

foto: play.google.com

Selain mengaktifkan semua fitur pengoptimalan baterai, ada cara lain yang dapat membantu kamu memeriksa masalah pengurasan baterai. Kamu perlu memeriksa kesehatan baterai di ponsel dari waktu ke waktu dengan sebuah aplikasi seperti Accubattery, salah satu aplikasi untuk memantau kesehatan baterai. Kamu dapat memeriksa fitur-fitur seperti penggunaan baterai per aplikasi, kecepatan pemakaian secara keseluruhan, dan lainnya.

Advertisement


(brl/red)