Begini cara kerja pengisian daya nirkabel, ketahui pro kontra teknologi ini sebelum menggunakannya

Advertisement

Pengisian daya nirkabel

Pro dan kontra teknologi pengisian nirkabel

foto: freepik/pe_jo

Meskipun pengisian nirkabel telah ada selama bertahun-tahun, teknologi ini memiliki keterbatasan. Berikut adalah beberapa pro dan kontra dari pengisi daya nirkabel.

1. Kenyamanan

Dengan pengisi daya nirkabel, kamu tidak perlu khawatir tentang menjaga kabel atau berurusan dengan kabel kusut. Menempatkan perangkat di bantalan pengisi daya akan segera mengisi daya. Terlebih lagi, kamu bahkan mendapatkan dudukan pengisian nirkabel yang mampu mengisi daya beberapa perangkat, seperti ponsel cerdas, jam tangan pintar, dan earbud secara bersamaan. Mengingat hal ini, mudah untuk melihat bagaimana berinvestasi dalam satu pengisi daya nirkabel dapat membantu kamu menghemat ruang dan menjaga stasiun pengisian daya tetap teratur.

2. Daya tahan

Mengingat bahwa kamu tidak perlu terus-menerus mencolokkan dan mencabut kabel pengisi daya saat menggunakan pengisi daya nirkabel, kamu akan memperpanjang masa pakai kabel dan port pengisian daya perangkat. Dengan cara ini, kamu masih dapat menggunakan kabel pengisi daya saat diperlukan, tetapi tidak perlu khawatir untuk sering menggantinya.

3. Kecepatan pengisian lebih lambat

Meskipun pengisian nirkabel tidak diragukan lagi nyaman, butuh waktu lama untuk mengisi daya perangkat secara nirkabel. Perlu diingat bahwa semakin besar kumparan di perangkat dan bantalan pengisi daya, serta   semakin baik keselarasan antara perangkat dan pengisi daya, maka semakin cepat proses pengisian. Namun, dalam kondisi yang paling ideal, kecepatan pengisian nirkabel sering tidak dapat menyamai pengisi daya kabel.

4. Kompatibilitas

Banyak perangkat modern mendukung pengisian nirkabel, tetapi tidak semua dilengkapi agar kompatibel dengan teknologi ini. Misalnya, gadget kelas bawah atau lama mungkin masih memerlukan pengisi daya tradisional. Jika kamu memiliki sejumlah perangkat, kemungkinan harus bergantung pada pengisi daya kabel dan nirkabel. Ini mengharuskan kamu memiliki beberapa pengaturan pengisian daya.

Faktor yang perlu dipertimbangkan saat membeli pengisi daya nirkabel

foto: freepik

Jika kamu mempertimbangkan untuk membeli pengisi daya nirkabel, berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. 

1. Kecepatan Pengisian 

Pengisi daya yang berbeda memiliki watt yang berbeda. Watt yang lebih tinggi dapat mengisi daya perangkat lebih cepat, jadi pastikan untuk menggunakan pengisi daya dengan watt tertinggi yang kompatibel dengan perangkat kamu.

2. Kompatibilitas 

Tidak semua perangkat kompatibel dengan standar pengisian nirkabel yang sama. Periksa standar mana yang didukung perangkat kamu sebelum membeli pengisi daya.

3. Desain 

Sementara spesifikasi teknis penting, estetika sama pentingnya. Pertimbangkan bentuk dan desain perangkat untuk memastikannya cocok untuk ruang di tempat kamu.

Advertisement


(brl/red)