Begini cara memperbaiki file JPG yang tidak dapat dibuka di komputer Windows

Advertisement

Techno.id - Jika PC Windows 10 atau 11 kamu menolak untuk membuka file JPG, jangan keburu panik. Mungkin masalah tersebut disebabkan beberapa faktor seperti file yang rusak atau masalah dengan penampil foto default. Nah jika kamu mengalami masalah tersebut, berikut cara memperbaikinya dan mengembalikan file JPG kamu.

1. Nama file terlalu panjang atau ekstensi yang salah

foto: freepik

PC Windows 10 atau 11 kamu mungkin mengalami masalah saat membuka file JPG jika memiliki nama file yang terlalu panjang atau ekstensi file yang salah. Dalam kasus seperti itu, mengganti nama file dengan nama yang lebih pendek dan memastikannya memiliki ekstensi “.jpg» akan memperbaiki masalah.

Hal lain yang harus dilakukan adalah memeriksa ukuran file JPG yang kamu coba buka. Jika terlalu besar, gunakan editor foto atau aplikasi web untuk mengurangi ukuran file gambar dan coba lagi. Namun, jika kamu hanya mengalami masalah dengan beberapa file JPG tertentu, file tersebut mungkin rusak. Kamu dapat memeriksa kemungkinan ini dengan membuka file JPG yang berbeda dari web untuk melihat apakah itu berfungsi dengan baik.

2. Memperbarui, memperbaiki, atau mengatur ulang aplikasi Foto

foto: tangkapan layar

Di PC Windows 10 dan 11, Microsoft Photos adalah aplikasi default untuk membuka file JPG. Jadi, jika ada masalah, aplikasi tersebut mungkin gagal membuka file JPG apa pun. Untuk memperbaikinya, buka Microsoft Store dan cari aplikasi Foto. Jika versi aplikasi yang lebih baru tersedia, klik Perbarui untuk menginstalnya.

Memperbarui aplikasi akan membantu memperbaiki masalah yang disebabkan build aplikasi yang bermasalah atau kedaluwarsa. Namun, jika masalah berlanjut, kamu dapat menggunakan fitur perbaikan aplikasi bawaan di Windows untuk memperbaiki masalah dengan aplikasi. Begini caranya.

1. Klik kanan ikon menu Start di bilah tugas dan pilih Aplikasi yang diinstal.

2. Gulir daftar atau gunakan bilah pencarian untuk menemukan aplikasi Foto.

3. Klik menu tiga titik di sebelahnya dan pilih Opsi lanjutan.

4. Gulir ke bawah ke bagian Reset dan klik tombol Perbaiki.

Kamu akan melihat tanda centang di sebelah tombol Perbaiki setelah proses selesai. Jika kamu tidak dapat membuka file JPG bahkan setelah itu, pertimbangkan untuk mengatur ulang aplikasi dari menu yang sama. Melakukannya akan menghapus semua data aplikasi, yang secara efektif memperbaiki masalah yang disebabkan data yang rusak.

3. Buka file JPG dengan aplikasi lain

foto: tangkapan layar

Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah mencoba membuka file JPG dengan aplikasi penampil foto yang berbeda. Ada banyak alternatif yang sangat baik untuk aplikasi Foto. Unduh dan instal aplikasi penampil foto andal yang kamu suka, misalnya PhotoScape X. Setelah terinstal, klik kanan pada file JPG dan pilih Buka dengan > Aplikasi Penampil Foto (PhotoScape X). Jika ini menyelesaikan masalah, kamu dapat mengatur aplikasi baru sebagai penampil foto default di komputer Windows.

4. Jalankan pemindaian SFC

foto: tangkapan layar

File sistem yang rusak atau hilang di PC Windows juga dapat menyebabkan masalah seperti itu. Untungnya, Windows menyertakan alat berguna yang disebut SFC (System File Checker) yang dapat secara otomatis memindai sistem untuk file yang rusak dan menggantinya dengan versi cache. Berikut cara menjalankannya.

1. Tekan Win + S untuk membuka menu pencarian.

2. Ketik cmd di kotak dan pilih Jalankan sebagai administrator.

3. Pilih Ya saat perintah Kontrol Akun Pengguna (UAC) muncul.

4. Ketik sfc/ scannow dan tekan Enter.

Tunggu hingga pemindaian selesai, lalu mulai ulang PC. Setelah itu, kamu seharusnya dapat membuka file JPG seperti yang diharapkan.

Advertisement


(brl/red)