Begini cara memulai ulang ponsel cerdas Android dan iPhone tanpa tombol daya

Advertisement

Techno.id - Terkadang, tombol daya fisik di ponsel Android dan iPhone berhenti berfungsi atau rusak. Semakin lama kamu menggunakan perangkat, semakin besar kemungkinan bagian yang bergerak akan mengalami kerusakan. Nah jika kondisi tersebut terjadi, bisakah kamu memulai ulang (restart) ponsel tanpa tombol daya? Tenang, ada opsi yang bisa kamu lakukan. 

Cara memulai ulang ponsel Android tanpa tombol daya

Perangkat Android memiliki beberapa metode berbeda untuk memulai ulang ponsel tanpa tombol daya fisik. Begini caranya.

1. Pengaturan cepat

foto: tangkapan layar

Sejauh ini cara termudah untuk me-restart perangkat Android tanpa tombol daya adalah panel Pengaturan Cepat. Menu ini memiliki sakelar untuk Wi-Fi, Bluetooth, Mode Pesawat, dan banyak kotal fitur lain yang dapat disesuaikan.

Cukup geser ke bawah sekali atau dua kali---tergantung pada perangkat---dan ketuk ikon daya. Pilih “Mulai Ulang” dari menu. Hanya itu saja!

2. Colokkan

foto: freepik/rawpixel.com

Cara selanjutnya adalah sedikit lebih hit or miss. Beberapa perangkat akan dimulai jika kamu menghubungkannya ke daya. Ini tidak selalu berhasil, tetapi beberapa perangkat pada akhirnya akan menyala jika kamu membiarkannya terpasang.

Jika perangkat sudah dihidupkan dan kamu hanya ingin membangunkan layar, metode ini juga akan berfungsi. Hampir semua perangkat Android akan membangunkan layar saat terhubung ke daya. Dari sana, kamu dapat menggunakan metode Pengaturan Cepat di atas untuk memulai ulang.

3. Android Debug Bridge

foto: tangkapan layar

Metode yang paling rumit untuk me-restart ponsel tanpa tombol daya adalah Android Debug Bridge (ADB). Ini hanya akan berfungsi jika perangkat sudah dihidupkan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstal dan menyiapkan ADB di PC. Setelah menyelesaikannya, kamu dapat memasukkan perintah untuk me-reboot ponsel atau tablet. Buka Command Prompt (CMD). Di jendela Command Prompt, jalankan perintah adb reboot. Perangkat akan mati dan boot lagi. Kamu sudah siap!

Advertisement


(brl/red)