Begini cara mengaktifkan fitur anti-pencurian baru Android, ponsel sekarang jadi lebih aman   

Advertisement

Techno.id - Smartphone yang kita bawa di saku memuat banyak data dan aplikasi pribadi mulai dari komunikasi, navigasi, bahkan sistem pembayaran. Sebut saja aplikasi dompet digital yang dapat digunakan untuk menyimpan detail kartu debit atau kredit, sehingga ponsel yang dilengkapi dengan Near Field Communication (NFC) dapat melakukan pembayaran nirsentuh dengan cepat. Ada juga aplikasi yang menyimpan kenangan dalam bentuk gambar dan video. 

Karena itu, kamu harus menjaga ponsel cerdas agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Sebab, kehilangan ponsel cerdas dapat berdampak buruk, mengingat jumlah informasi pribadi yang tersimpan di dalamnya. Untuk mengatasi hal ini, Android meluncurkan banyak fitur anti-pencurian baru, sehingga memudahkan pengguna untuk segera menghadapi skenario terburuk seperti itu.

Google memperbarui fitur keamanan tersebut untuk ponsel yang menjalankan Android 15. Berikut cara kerja fitur deteksi pencurian dan keamanan baru Android.

Deteksi pencurian di Android untuk mengunci layar

foto: tangkapan layar

Google mengumumkan fitur baru yang dirancang khusus untuk menangani perlindungan pencurian. Kamu dapat menemukan fitur ini dengan membuka Setelan > Google > Semua layanan > Perlindungan pencurian. Kamu bisa juga mencarinya dengan cepat di aplikasi Pengaturan. Jika tidak dapat menemukan fitur ini, kemungkinan ponsel cerdas kamu belum menerima pembaruan.

Setelah mengaktifkan Kunci Deteksi Pencurian, ponsel Android akan secara otomatis mematikan layarnya dan mengunci dirinya sendiri jika seseorang menjambret ponsel kamu dan mencoba menggunakannya.

Fitur ini berfungsi berkat kombinasi Google AI dengan menggunakan sensor gerak ponsel untuk mendeteksi gerakan yang tiba-tiba dan cepat. Kunci Perangkat Offline akan aktif jika ponsel terputus dari internet. Fitur ini berguna untuk mengantisipasi tindakan si pencuri yang biasanya berusaha mematikan jaringan ponsel untuk menghindari pelacakan.

Ketersediaan fitur seperti Kunci Deteksi Pencurian dan Kunci Perangkat Offline secara native di Android menambah kenyamanan pengguna. Kedua fitur ini memastikan bahwa meskipun kamu kehilangan akses fisik ke ponsel, kamu masih dapat menguncinya, dan mencegah pelaku kejahatan mengakses aplikasi atau data apa pun.

Sementara fitur Private Space adalah tambahan lain yang memungkinkan kamu membuat partisi terpisah di ponsel untuk menyimpan aplikasi sensitif, media, dan data lainnya. Fitur ini dilindungi PIN yang berbeda. Kedua fitur ini akan tersedia di ponsel yang menjalankan Android 15.

Selain penambahan baru, tindakan tertentu di Android sekarang akan memerlukan penggunaan PIN, kata sandi, atau biometrik perangkat. Jadi, jika pencuri memegang ponsel kamu yang tidak terkunci, mereka tidak dapat menonaktifkan fitur Temukan Perangkat Saya tanpa mengautentikasi lagi.

Opsi ini meluas ke beberapa pengaturan lain, termasuk mengubah durasi batas waktu layar—yang merupakan taktik yang dapat digunakan untuk mencegah ponsel mengunci dirinya sendiri secara otomatis.

Mengunci perangkat dari jarak jauh lebih cepat dari sebelumnya

foto: tangkapan layar

Alat baru “Temukan Jaringan Perangkat Saya di Android” menghadirkan beberapa fitur yang sangat berguna, seperti kemampuan untuk melacak ponsel yang hilang atau aksesori Bluetooth menggunakan perangkat Android lain di sekitarnya — mirip dengan cara kerja fitur Find My Apple. Kamu kemudian dapat menggunakan komputer atau ponsel lain untuk mengunci dan menghapus perangkat yang hilang.

Remote Lock di Android membuat proses ini menjadi lebih mudah. Jadi tidak lagi mengharuskan kamu mencoba menarik kredensial akun secara sembarangan hanya agar kamu dapat mengunci ponsel yang hilang dari jarak jauh. Setelah diatur dengan pertanyaan keamanan, kamu dapat membuka android.com/lock di perangkat apa pun, memasukkan nomor telepon perangkat yang dicuri, dan menjawab tantangan keamanan untuk mengunci perangkat dari jarak jauh.

Remote Lock didukung pada ponsel yang menjalankan Android 10 dan lebih tinggi, dan dapat ditemukan di bawah menu Perlindungan Pencurian yang sama dengan opsi lain.

Advertisement


(brl/red)