Bisakah AirPods berfungsi dengan ponsel Android? Begini penjelasan dan cara menghubungkannya

Advertisement

Techno.id - Jika kamu pernah menggunakan earphone berkabel sebelumnya, maka sudah tahu betapa ribet menguraikan kabelnya, terutama saat kamu sedang berolahraga, di tengah panggilan penting, atau saat berada di bus dalam perjalanan pulang. Untungnya, earbud nirkabel muncul yang menghilangkan kerumitan tersebut.

Nah dari earbud nirkabel, AirPods Apple bisa dibilang cukup populer. Perangkat ini memiliki kualitas suara yang solid, total waktu mendengarkan hingga 30 jam, kenyamanan yang pas, dan sejumlah fitur nyaman seperti kontrol sentuh dan peningkatan audio.

AirPods terintegrasi mulus ke dalam ekosistem Apple. Jadi jika kamu memiliki iPhone, iPad, atau MacBook, maka kamu praktis sudah siap. Namun bagaimana jika kamu memiliki sepasang AirPods tetapi untuk digunakan di perangkat Android?

Meskipun AirPods eksklusif untuk dipasangkan dengan produk Apple, kamu juga dapat menghubungkannya ke perangkat lain. Artinya, AirPods juga berfungsi di handset Android. Sebab, AirPods merupakan perlengkapan berkemampuan Bluetooth, sehingga perangkat non-Apple pada dasarnya dapat melihatnya seperti headset Bluetooth lainnya.

foto: freepik/sadikur95

Dalam hal kompatibilitas, Google tidak memiliki batasan khusus tentang model AirPods mana yang dapat terhubung ke perangkat Android. Namun, penting dicatat bahwa pengalaman menggunakan AirPods dengan Android dibanding dengan iPhone dan produk Apple lainnya ibarat siang dan malam. Dengan Android, kamu tidak akan dapat mengakses fitur iOS/macOS tertentu, jadi fungsionalitas AirPods akan sangat terbatas.

Jika kamu berencana menggunakan AirPods dengan perangkat Android, kamu dapat menghubungkannya ke ponsel dan mengontrol semuanya dari sana.

Tetapi AirPods sebenarnya menampilkan kontrol perangkat keras out-of-the-box yang bekerja sangat baik dengan Android dan tidak memerlukan pengaturan tambahan. Satu-satunya pengecualian untuk ini, adalah AirPods generasi pertama. Satu-satunya kontrol perangkat keras default yang dimilikinya adalah untuk mengaktifkan Siri. Namun, untuk varian AirPods lainnya, berikut adalah rincian singkat kontrolnya.

AirPods generasi kedua: Ketuk dua kali di dekat bagian kepala salah satu pod untuk memutar, berpindah ke lagu berikutnya, atau menjawab panggilan telepon.

AirPods generasi ketiga dan generasi keempat serta AirPods Max: Tekan sekali pada batang AirPods atau mahkota digital untuk AirPods Max untuk memutar atau menjeda, mengangkat panggilan, dan membisukan atau membunyikan. Tekan dua kali untuk memutar lagu berikutnya atau mengakhiri panggilan. Tekan tiga kali untuk melompat ke trek sebelumnya. AirPods Max juga memiliki dua kontrol tambahan. Putar kenop digital untuk mengubah volume, dan tekan tombol kontrol kebisingan khusus untuk beralih antara Peredam Kebisingan Aktif (ANC) dan Mode Transparansi. Untuk AirPods generasi keempat dengan ANC, menekan lama pada batang akan mengaktifkan mode ANC.

AirPods Pro generasi pertama dan generasi kedua: Tekan batang sekali untuk memutar atau menjeda atau menerima panggilan, dua kali untuk melompat maju, dan tiga kali untuk kembali ke trek sebelumnya. Tekan dan tahan batang untuk beralih antara ANC dan Mode Transparansi.

Di AirPods Pro generasi kedua, kamu dapat menggesek batang ke atas atau ke bawah untuk menambah atau mengurangi volume. Sayangnya, ini adalah satu-satunya fitur AirPods yang kamu dapatkan di Android. 

 

Advertisement


(brl/red)