Cara buat daftar isi yang rapi di Microsoft Word, cukup gunakan tombol Tab
Techno.id - Membuat atau mengedit data dalam bentuk tulisan diasanya menggunakan bantuan aplikasi pengolah kata, salah satunya Microsoft Word. Dengan aplikasi tersebut, proses olah data bisa dilakukan dengan lebih mudah. Salah satu kemudahan yang ditawarkan adalah membuat daftar isi dengan rapi.
-
Cara buat Daftar Isi otomatis pada Microsoft Word, nggak ribet Platform Microsoft Word memberikan fitur untuk membuat daftar isi secara otomatis.
-
Cara membuat daftar isi otomatis dan manual di Word serta Google Docs cara pembuatan daftar isi mudah diterapkan. Bahkan kamu tidak perlu pusing lagi dalam merapikan daftar isi.
-
Jarang diketahui, 7 fitur Microsoft Word ini bikin tugas cepat beres Selain untuk mengetik, Microsoft Word bisa jadi alat penterjemah loh~
Proses pembuatan daftar isi dengan memanfaatkan Microsoft Word tentu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Dengan membuat daftar isi yang rapi, beberapa keperluan seperti pembuatan laporan tentu menjadi lebih mudah.
Akun TikTok @sentralkomputer telah membagikan cara pembuatan daftar isi melalui Microsoft Word, bisa dilakukan dengan mudah.
Cara buat daftar isi yang rapi di Microsoft Word
foto: TikTok/@sentralkomputer
Pada dasarnya, cara membuat daftar isi yang rapi menggunakan Microsoft Word bisa dilakukan dengan sangat mudah. Dalam unggahan videonya, TikTok/@sentralkomputer menjelaskan bahwa cara membuat daftar isi yang rapi cukup menggunakan satu tombol saja yaitu Tab.
Kerapihan di sini diartikan dengan penggunaan titik yang rapi dan presisi. Dengan demikian, jika pada bagian daftar isi akan disematkan angka, tampilan dari bagian tersebut menjadi lebih teratur. Tanpa basa-basi, kamu bisa simak ulasan berikut untuk membuat daftar isi yang rapi.
1. Buka Microsoft Word kemudian ketikkan kata yang diperlukan untuk membuat daftar isi.
2. Blok semua kata yang ada kemudian klik kanan lalu pilih Paragraph.
3. Buka opsi Tabs kemudian akan muncul pop up baru berisikan pengaturan.
4. Pada bagian Tab stop position, ketikkan angka sesuai keinginan. Kamu perlu memperhatikan ruler pada Microsoft Word. Jika titik bawah berada di angka 16, kamu bisa kurangi 3 untuk menentukan Tab stop position.
foto: TikTok/@sentralkomputer
5. Setelah mengisi angka pada bagian Tab stop position (misal 13), kamu bisa pilih opsi 2 pada bagian Lader untuk memberikan tanda titik-titik.
6. Klik Set lalu Ok.
7. Buka kata yang sudah di blok tadi, kemudian arahkan kursor pada huruf terakhir. Tekan spasi sekali kemudian tab untuk memunculkan titik yang sudah diatur sebelumnya.
foto: TikTok/@sentralkomputer
Dengan membuat pengaturan tersebut, kamu bisa menambahkan titik pada bagian daftar isi tanpa perlu menekan titik yang ada pada keyboard secara manual. Selain lebih rapi, membuat daftar isi menggunakan cara tersebut juga bisa lebih cepat dan tentunya mudah. Jika ingin mengatur jarak yang sudah diatur sebelumnya, kamu bisa blok semua kata yang ada kemudian atur ruler kecil pada bagian atas untuk mengatur semua titik yang telah dibuat. Tak perlu khawatir, pengaturan yang kamu lakukan ulang akan tetap menghasilkan titik yang rapi.
BACA JUGA :
- Cara copy teks yang tidak bisa disalin di website, cukup gunakan satu aplikasi ini
- Cara mengetahui komponen smartphone Android berfungsi dengan baik, cukup pakai dial number
- Trik simple buat wallpaper HP transparan, ini bahan dan aplikasi yang diperlukan
- Lifehack simpel membuat slide Power Point jadi foto, format file lain juga bisa
- Cara format flashdisk yang tidak bisa diformat, aman dan bisa dilakukan sendiri
(brl/guf)