Cara membatasi siapa yang dapat mengirim pesan di obrolan grup WhatsApp

Advertisement

Techno.id - Banyak dari kita menggunakan WhatsApp untuk percakapan sehari-hari, seperti obrolan keluarga, pertemuan tim di tempat kerja, atau mendapatkan pembaruan dari bisnis yang saluran (channel). Secara default, WhatsApp memungkinkan pengguna dalam grup dengan kurang dari 33 anggota mengubah informasi grup, menambahkan anggota baru, dan mengirim pesan. 

Kecuali admin, kamu akan langsung dilarang mengubah beberapa pengaturan jika kamu adalah bagian dari grup yang terdiri dari 256 pengguna atau lebih. 

Saat ini, grup WhatsApp dapat menjangkau hingga 1024 anggota, yang menjadikannya alat yang hebat untuk mengirim pesan massal kepada banyak orang secara bersamaan. Namun, grup WhatsApp besar memiliki beberapa risiko terkait privasi.

Untungnya, ada cara mudah untuk mengembalikan pesan ke grup di WhatsApp hanya dengan beberapa ketukan. Untuk melakukan ini, kamu dapat memilih untuk menjadikan sebagian besar anggota hanya penonton dalam obrolan dengan melarang mereka mengirim pesan ke semua orang, sambil menyisakan beberapa pengguna terpilih untuk dapat terus mengirim pesan ke grup.

Untuk memulai, ada dua pengaturan yang perlu kamu ketahui, izin grup dan menambahkan admin. Bergantung pada platform perpesanan WhatsApp pilihan, cara yang tepat untuk mengelola pengaturan ini akan sedikit berbeda. Berikut cara melakukannya di iPhone, Android, Mac, dan PC Windows.

Mengelola obrolan grup WhatsApp di iPhone

foto: freepik

Meskipun memiliki aplikasi iMessage asli, banyak pengguna iPhone beralih ke WhatsApp untuk tetap berhubungan dengan kontak mereka yang tidak menggunakan perangkat Apple. Berikut cara kamu dapat mengelola siapa yang dapat mengirim pesan di grup obrolan.

1. Luncurkan aplikasi WhatsApp.

2. Pilih obrolan grup yang ingin kamu kelola.

3. Ketuk "Izin grup."

4. Di bagian “Anggota dapat”, nonaktifkan tombol di samping Kirim pesan.

Jika ada beberapa orang di grup yang masih ingin dapat mengirim pesan ke semua orang, kamu harus menambahkannya sebagai admin grup. Berikut cara melakukannya.

1. Kembali ke bagian ”Izin grup”.

2. Ketuk ”Admin grup”.

3. Di samping nama kontak yang ingin kamu jadikan admin grup, periksa lingkaran.

4. Di sudut kanan atas layar, ketuk ”Selesai”.

Meskipun demikian, penting untuk dicatat bahwa WhatsApp memiliki dukungan yang dijatuhkan untuk beberapa model iPhone lama di masa lalu. Jadi, jika kamu memiliki iPhone lama, tetapi ingin terus menggunakan WhatsApp di masa mendatang, kamu harus tahu kapan waktunya untuk memperbarui. 

Mengelola obrolan grup WhatsApp di Android

foto: freepik/sakila

Belakangan ini, sepertinya permintaan WhatsApp dan berbagai layanannya terus meningkat, terutama bagi pengguna Android. Dalam beberapa bulan pertama tahun 2024, Statista menyebutkan bahwa lebih dari 110 juta pengguna Android mengunduh WhatsApp dari Google Play Store.

Mengingat ini adalah aplikasi perpesanan instan lintas platform, ini adalah saluran yang bagus untuk menyinkronkan percakapan antara ponsel Android dan tablet atau komputer. Namun, jika kamu sebagai admin untuk grup mungkin sering bingung dengan semua pesan yang tidak perlu, berikut cara menetapkan beberapa batas pesan.

1. Luncurkan aplikasi WhatsApp.

2. Buka obrolan grup yang ingin kamu batasi pesan.

3. Di bagian atas layar, ketuk nama grup.

4. Pilih “Izin grup”.

5. Di samping “Kirim pesan”, nonaktifkan tombol.

Setelah itu, kamu dapat melanjutkan untuk menambahkan orang yang ingin kamu izinkan untuk mengirim pesan di grup WhatsApp untuk bergabung dengan daftar admin. Begini caranya.

1. Kembali ke bagian ”Izin grup”.

2. Di bagian ”Admin grup”, ketuk ”Edit admin grup”.

3. Pilih kontak yang kamu inginkan agar dapat mengirim pesan.

4. Di sudut kanan bawah layar, ketuk tombol centang.

Kamu mungkin juga ingin mempertimbangkan mengaktifkan enkripsi obrolan di perangkat untuk lebih melindungi data kamu dari pihak ketiga.

Advertisement


(brl/red)