Cara membuat stiker menggunakan fitur guntingan di Instagram, bikin postingan kamu jadi lebih menarik

Advertisement

Techno.id - Fitur guntingan (cutouts) Instagram memungkinkan kamu mengubah foto atau video apa pun, serta postingan Instagram, menjadi stiker yang dapat digunakan kembali untuk cerita dan reel kamu. 

Ya, melalui fitur ini kamu dapat membuat stiker unik dengan memotong objek atau orang secara otomatis dari foto. Fitur ini juga memungkinkan kamu membuat stiker dari foto yang disimpan di galeri ponsel serta dari kiriman Instagram orang lain.

Selain itu, fitur ini juga berfungsi dengan video, memungkinkan kamu membuat stiker animasi objek bergerak atau orang dari klip video. Kamu dapat menggunakan stiker khusus ini di cerita dan reel Instagram untuk membuatnya lebih menarik dan unik.

Cara membuat stiker dari foto kamu dendiri dengan guntingan

foto: techno.id/yani andriyansyah

Fitur Guntingan Instagram dapat berguna jika ponsel Android atau iPhone kamu tidak memiliki kemampuan untuk membuat stiker dari foto. Kamu perlu memberikan akses Instagram ke galeri ponsel jika belum melakukannya.

Fitur Guntingan Instagram kini banyak tersedia. Jika tidak melihatnya di ponsel, pastikan kamu memperbarui aplikasi Instagram. Berikut cara membuat stiker dari foto di ponsel.

1. Di aplikasi Instagram, buat gulungan atau cerita Instagram baru.

2. Ketuk ikon Stiker di bagian atas.

3. Pilih Guntingan dan pilih foto dari galeri ponsel. Untuk hasil terbaik, pilih foto dengan subjek yang jelas.

4. Tunggu Instagram untuk memotong subjek dan membuat stiker. Gunakan opsi Pilih secara manual di pojok kiri bawah jika bukan objek yang kamu inginkan untuk stiker.

5. Ketuk opsi Gunakan stiker untuk melanjutkan.

6. Pindahkan dan ubah ukuran stiker sesuai keinginan, lalu posting cerita atau reel kamu seperti biasa.

Meskipun kamu dapat menggunakan fitur Guntingan untuk membuat stiker animasi dari klip video di ponsel, kualitas stiker animasi ini mungkin tidak sesuai dengan kualitas stiker yang dibuat dari foto. Fitur Guntingan seringkali kesulitan memilih objek secara otomatis, karena itu kualitas yang dihasilkan kurang  bagus.

Cara membuat stiker dari postingan Instagram orang lain

foto: freepik

Fitur Guntingan Instagram juga berfungsi dengan foto yang diposting di akun publik di Instagram, selama pengguna belum menonaktifkan kemampuan untuk membuat guntingan dari postingan mereka. Begini cara membuat stiker dari foto yang diposting di akun Instagram publik.

1. Di Instagram, cari foto tempat kamu ingin membuat stiker.

2. Ketuk ikon tiga titik di kanan atas postingan.

3. Pilih opsi Buat stiker guntingan.

4. Tekan tombol Simpan stiker.

Setelah membuat stiker, kamu akan menemukannya di bagian “Stiker Kamu” saat membuat cerita atau reel. Penting untuk diperhatikan bahwa jika poster asli menghapus postingan tempat kamu membuat stiker, maka stiker guntingan juga akan dihapus.

Cara menghapus stiker lama

foto: freepik

Setelah membuat stiker menggunakan fitur Guntingan, stiker tersebut tetap tersedia untuk digunakan kembali. Karena itu, kamu dapat menghapus stiker yang tidak ingin kamu gunakan lagi. Berikut caranya.

1. Buka aplikasi Instagram dan buat reel atau cerita Instagram baru.

2. Ketuk ikon Stiker di bagian atas.

3. Di bagian Stiker, ketuk dan tahan stiker yang ingin kamu.

4. Pilih Hapus untuk mengonfirmasi tindakan.

Hanya itu yang perlu kamu lakukan untuk mulai menggunakan fitur Guntingan Instagram. Gunakan fitur ini untuk membuat postingan Instagram kamu lebih menarik.

Advertisement


(brl/red)