Cara membuka, menggunakan, dan menyesuaikan Pusat Kontrol iPhone di iOS 18

Advertisement

Techno.id - Pusat Kontrol (Control Center) di iOS menawarkan cara mudah untuk mengakses berbagai pengaturan dan fitur dengan cepat tanpa perlu menavigasi melalui aplikasi Pengaturan atau aplikasi pihak ketiga. Inilah yang perlu kamu ketahui tentang cara menggunakan dan menyesuaikan Pusat Kontrol iPhone. 

Cara mengakses Pusat Kontrol  

foto: apple

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya, yaitu membuka Control Center. Caranya sedikit berbeda tergantung pada model iPhone.  

1. Di iPhone dengan tombol Home (seperti iPhone SE, 8, dan versi lebih lama), kamu perlu menggesek ke atas dari bagian bawah layar.

2. Di iPhone dengan Face ID (seperti iPhone X dan versi lebih baru), gesek ke bawah dari sudut kanan atas layar.

3. Untuk menutup Pusat Kontrol, tekan lama pada area kosong. Bergantung pada model iPhone, kamu juga dapat menggesek ke atas (model dengan Face ID) atau ke bawah (model dengan tombol Home) untuk keluar.

Membuka Pusat Kontrol juga menampilkan ikon praktis di bagian atas, seperti nama operator, status kunci rotasi, dan persentase baterai. Dengan iOS 18, kamu juga mendapatkan opsi untuk mematikan iPhone langsung dari Pusat Kontrol.

Ini yang harus dilakukan jika kamu tidak dapat mengakses Pusat Kontrol

foto: apple

Jika, karena alasan tertentu, kamu tidak dapat mengakses Pusat Kontrol, coba mulai ulang iPhone terlebih dahulu. Jika itu tidak membantu, pastikan Pusat Kontrol diaktifkan di dalam aplikasi dan di Layar Terkunci.

Terakhir, jika tidak ada yang berhasil, memperbarui ke versi iOS terbaru dan mengatur ulang semua pengaturan dengan membuka Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Semua Pengaturan akan membantu.

Cara menggunakan Pusat Kontrol

foto: apple

Mulai dari menyesuaikan kecerahan dan volume hingga mengontrol pemutaran media dan mengaktifkan mode Jangan Ganggu, Pusat Kontrol menempatkan alat penting di ujung jari. Menggunakan Pusat Kontrol sangat mudah.

Jika iPhone kamu menjalankan iOS 18, maka dapat menggesek di antara halaman Pusat Kontrol yang berbeda dengan menggesek ke atas dan ke bawah atau mengetuk ikon di sebelah kanan. Kamu dapat mengetuk, menggeser, atau menekan lama sakelar untuk berinteraksi dengannya.

Misalnya, kamu dapat menggesek ke atas atau ke bawah pada penggeser kecerahan untuk menyesuaikan kecerahan. Menekan dan menahan penggeser kecerahan akan menampilkan ikon untuk Mode Gelap, Night Shift, dan True Tone. Demikian pula, menekan lama ikon senter memungkinkan kamu menyesuaikan intensitasnya.

Jika kamu mengetuk dan menahan ikon Wi-Fi, Bluetooth, atau AirDrop, maka dapat memilih jaringan Wi-Fi yang berbeda, memilih perangkat Bluetooth lain, atau mengubah pengaturan visibilitas AirDrop.

Advertisement


(brl/red)