Cara memeriksa kesehatan baterai iPhone dan cara menjaganya agar tetap awet

Advertisement

Cara memeriksa kesehatan baterai iPhone

Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan masa pakai baterai iPhone

Ada beberapa praktik yang dapat kamu terapkan dalam penggunaan sehari-hari yang akan sangat meningkatkan masa pakai baterai.

1. Matikan fungsi latar belakang yang tidak perlu

foto: freepik/rainbow stock

Jika kamu tidak secara aktif menggunakan fungsi yang berjalan di latar belakang, matikan. Sebab, fungsi latar belakang menguras baterai lebih cepat, yang berarti frekuensi siklus pengisian daya akan meningkat selama periode waktu tertentu. Selain itu matikan Bluetooth, GPS, WiFi, dan notifikasi push untuk aplikasi tertentu saat tidak digunakan.

2. Jangan mengisi daya iPhone secara berlebihan

foto: freepik/lashkhidzetim

Jika kamu terus mengisi daya ponsel bahkan ketika sudah mencapai 100%, kebiasaan ini dapat berdampak negatif pada kesehatan baterai. Arus berlebihan yang mengalir ke dalam baterai saat terisi penuh dapat merusak sel. Pastikan tidak membiarkan iPhone terisi daya semalaman.

3. Hanya isi daya saat baterai hampir habis

foto: freepik/tapati2528

Mengisi daya ponsel meskipun daya yang tersisa masih banyak akan meningkatkan frekuensi siklus pengisian daya. Kapasitas maksimum baterai akan turun di bawah 80% setelah 500 siklus pengisian daya pertama. Jadi, sebaiknya membatasi siklus pengisian daya sebanyak mungkin.

Mengisi daya iPhone meskipun daya yang tersisa masih cukup, dapat meningkatkan jumlah siklus pengisian daya. Hanya isi daya iPhone setelah baterai turun hingga 20%.

4. Gunakan pengisi daya resmi Apple

foto: apple

Pengisi daya resmi Apple telah melewati pemeriksaan kontrol kualitas dan dirancang untuk iPhone. Pengisi daya dari produsen lain mungkin tidak dioptimalkan untuk perangkat kamu, meskipun masih dapat mengisi daya iPhone. Sebab dengan menggunakan pengisi daya yang tidak kompatibel dengan iPhone dapat merusak baterai dalam jangka panjang. Sebaiknya gunakan hanya aksesori bersertifikasi Apple untuk iPhone kamu. 

Demikianlah cara memeriksa kesehatan baterai iPhone dan memaksimalkan masa pakainya. Mempertahankan kapasitas baterai yang optimal akan membuat iPhone kamu bertahan lebih lama dan meningkatkan nilai jual kembali.

Advertisement


(brl/red)