Cara memperbaiki email yang macet di kotak keluar Gmail

Advertisement

Techno.id - Gmail bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi email terbaik, selama kamu mengubah beberapa pengaturan utama. Namun, email ini juga terkadang memiliki masalah, salah satunya email keluar yang disimpan sementara di folder Kotak Keluar akun Gmail kamu sebelum dikirim. 

Setelah dikirim, email akan dipindahkan ke folder terkirim. Namun, email yang macet di folder Kotak Keluar tidak akan sampai ke penerima yang dituju, meskipun kamu mengetuk Kirim.

Yang lebih merepotkan, kamu mungkin tidak menyadari bahwa email macet. Akibatnya email penting yang seharusnya terkirim, tidak diterima pada alamat yang dituju. Masalah ini dapat terjadi pada komputer desktop dan seluler. Berikut cara mengatasi masalah email Gmail yang macet pada perangkat Android dan iOS, komputer desktop, dan Chromebook.

1. Pastikan kamu tidak menggunakan mode offline di Gmail untuk browser web

foto: tangkapan layar

Gmail di browser web tidak memiliki folder Kotak Keluar khusus kecuali kamu mengaktifkan email offline. Mode offline memungkinkan kamu membaca, menulis, menanggapi, dan menelusuri pesan Gmail dengan koneksi email.

Ini adalah alat praktis untuk memeriksa dan menulis email di area tanpa koneksi internet aktif. Jika kamu mengirim pesan secara offline, pesan tersebut disimpan di folder Kotak Keluar sementara hingga mode offline dinonaktifkan. Berikut cara mengaktifkan dan menonaktifkan mode offline di Gmail.

1. Buka Gmail di browser web desktop apa pun.

2. Klik tombol Pengaturan (ikon roda gigi).

3. Klik lihat semua pengaturan dari bar samping Pengaturan cepat.

4. Klik tab Offline.

5. Pilih atau batalkan centang kotak Aktifkan email offline.

5. Klik Simpan Perubahan.

Gmail akan di-refresh setelah kamu mengklik Simpan Perubahan. Jika kamu menonaktifkan email offline, Gmail akan segera mengirimkan semua email yang disimpan sementara di folder Kotak Keluar.

Jika kamu mengirim email dari Gmail untuk browser web tanpa koneksi internet aktif, tetapi tidak mengaktifkan email offline, Gmail akan menyimpannya di folder Draf. Namun, draf ini akan dihapus jika kamu menutup browser web sebelum koneksi dipulihkan. Jika kamu tiba-tiba kehilangan koneksi internet, nyalakan mail offline untuk melanjutkan penulisan email.

2. Periksa koneksi internet

foto: tangkapan layar

Jika kamu mengirim email dari perangkat apa pun tanpa koneksi internet aktif, email tersebut disimpan di folder Kotak Keluar hingga koneksi stabil dipulihkan. Meskipun perangkat kamu menunjukkan koneksi internet, koneksi yang lambat atau terputus-putus seperti sinyal 4G yang lemah di area ramai, dapat mencegah Gmail mengirim email.

Periksa koneksi internet kamu dengan meluncurkan browser web apa pun. Jika kamu berhasil membuka situs web, penyebab email macet kemungkinan adalah masalah dengan aplikasi Gmail.

Jika kamu menggunakan perangkat Android atau iOS, atur ulang pengaturan jaringan untuk memulihkan koneksi internet. Ini adalah solusi terbaik jika perangkat kamu tidak dapat terhubung ke Wi-Fi atau jaringan seluler.

3. Segarkan folder Kotak Keluar

foto: tangkapan layar

Jika kamu memiliki koneksi internet aktif tetapi email masih macet di folder Kotak Keluar, kamu perlu menyegarkan folder Kotak Keluar. Gmail biasanya mengirim email saat koneksi internet aktif dipulihkan, tetapi masih bisa macet. Berikut cara mengirim email secara manual dari folder Kotak Keluar di ponsel.

1. Gunakan aplikasi Android atau iOS untuk menyegarkan folder.

2. Ketuk tombol hamburger (tiga baris) di sudut kiri atas layar.

3. Gulir ke bawah dan ketuk Kotak Keluar.

4. Ketuk Coba lagi di jendela hitam dengan pesan “Tidak ada koneksi” di bagian bawah layar.

Jika email tidak hilang dari Kotak Keluar setelah mengetuk Coba Lagi, dan kamu memiliki koneksi internet aktif, Langkah selanjutnya adalah memecahkan masalah aplikasi.

4. Memeriksa penyimpanan Google One

foto: tangkapan layar

Setiap Akun Google dilengkapi dengan penyimpanan gratis 15GB, yang dibagikan di Google Drive, Gmail, dan Google Foto. Jika mencapai batas ini, kamu tidak dapat menggunakan layanan apa pun yang menyimpan data, termasuk mengirim email dari Gmail.

Jika kamu mengirim email dari Gmail saat tidak memiliki ruang penyimpanan Google One yang tersisa, pesan tidak akan dikirim hingga kamu mengupgrade ke paket dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar atau mengosongkan penyimpanan di Gmail.

Jika kamu memiliki penyimpanan gratis, email yang tertunda akan dikirim. Sebaiknya perhatikan penyimpanan Google One, karena kamu tidak dapat menerima email jika penyimpanan penuh.

5. Menghapus cache aplikasi Gmail di perangkat seluler

foto: tangkapan layar

File yang di-cache biasanya tidak menimbulkan masalah. Sebaliknya, mereka meningkatkan kinerja dengan menyimpan file secara lokal yang seharusnya harus diunduh dari internet setiap kali kamu menggunakan aplikasi.

Jika file-file ini rusak, kamu mungkin akan mengalami masalah seperti email macet di Kotak Keluar Gmail. Menghapus cache tidak menghapus file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi. Berikut cara melakukannya.

1. Ketuk dan tahan ikon aplikasi Gmail di ponsel.

2. Ketuk tombol (i) di sudut kiri atas jendela pop-up.

3. Klik Penyimpanan

4. Hapus memori

Email yang macet membuat frustrasi, jadi gunakan tips ini untuk membantu email kamu menjangkau penerima yang dituju.

Advertisement


(brl/red)