Cara memperbaiki fitur pencarian Windows yang tidak berfungsi

Advertisement

Cara memperbaiki Windows Search yang tidak berfungsi

4. Membangun kembali indeks pencarian

foto: tangkapan layar

Indeks pencarian adalah database yang digunakan Windows untuk mempercepat pencarian, dan jika rusak atau kedaluwarsa, kondisi itu dapat menyebabkan masalah. Jadi, jika Windows membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk menemukan file atau menampilkan hasil pencarian yang tidak lengkap, kamu dapat mencoba membangun kembali indeks pencarian. Berikut cara melakukannya.

1. Tekan Windows + I untuk membuka aplikasi Pengaturan.

2. Buka Privasi & keamanan > Mencari Windows > Opsi pengindeksan lanjutan.

3. Di jendela Opsi Pengindeksan yang muncul, klik tombol Lanjutan.

4. Di bawah tab “Pengaturan Indeks”, klik tombol Bangun Ulang di sebelah “Hapus dan bangun kembali indeks”.

5. Klik OK untuk mengonfirmasi.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, tunggu hingga Windows membangun kembali indeks pencarian. Proses ini mungkin memakan waktu, tergantung pada jumlah file di PC. Kamu dapat terus menggunakan PC seperti biasa saat Windows membangun ulang indeks. Setelah pengindeksan selesai, coba gunakan fitur pencarian lagi untuk melihat apakah berfungsi dengan benar.

5. Lakukan pemulihan sistem

foto: tangkapan layar

Pemulihan sistem adalah fitur berguna yang memungkinkan kamu membatalkan perubahan yang dibuat pada PC dan mengembalikannya ke keadaan sebelumnya. Jadi, jika kamu  masih mengalami masalah dengan pencarian Windows, pertimbangkan untuk melakukan pemulihan sistem sebagai upaya terakhir.

Sebelum melanjutkan, perhatikan bahwa meskipun Pemulihan Sistem tidak akan memengaruhi file pribadi, namun dapat menghapus aplikasi dan driver apa pun yang diinstal setelah titik pemulihan yang dipilih. Jadi, pastikan kamu cadangkan data penting apa pun lalu ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pemulihan sistem.

1. Tekan Windows + R untuk membuka kotak dialog Jalankan (Run).

2. Ketik exe di dalam kotak dan tekan Enter.

3. Klik Berikutnya di jendela Pemulihan Sistem.

4. Pilih titik pemulihan sebelum masalah muncul dan klik Berikutnya.

5. Tinjau semua detail dan klik Selesai.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, Windows akan mengembalikan dirinya ke titik pemulihan yang ditentukan. Jika semuanya berjalan lancar, fitur pencarian akan mulai berfungsi kembali di Windows.

Advertisement


(brl/red)