Cara memperbaiki kesalahan kartu SIM yang tidak bisa terkoneksi dengan operator  

Advertisement

Techno.id - Apakah perangkat Android atau iPhone kamu menampilkan kesalahan “SIM Not Provisioned MM2” (SIM tidak disediakan MM2) secara tiba-tiba atau tepat setelah memasukkan SIM baru? Notifikasi tersebut biasanya menunjukkan bahwa ponsel kamu tidak dapat berkomunikasi dengan jaringan operator. 

Kesalahan khusus ini dapat terjadi karena beberapa alasan. Jika itu adalah kartu SIM baru, operator mungkin belum mengaktifkannya. Jika kamu baru saja mengganti telepon atau memasukkan kembali SIM, kartu SIM mungkin tidak terpasang dengan benar. Kesalahan ini juga dapat muncul jika ada masalah dengan server operator atau SIM kamu diblokir.

Jika ponsel kamu menampilkan notifikasi tersebut untuk suara, itu berarti kamu tidak dapat melakukan panggilan suara. Penyebabnya, saluran kamu telah terputus dari akun operator.

Jika kamu menggunakan ponsel dual-SIM, kesalahan ini mungkin menentukan nomor, seperti “SIM 1 tidak disediakan” atau “SIM 2 tidak disediakan”. Demikian pula, kamu mungkin mengalami kesalahan “eSIM tidak disediakan” jika beralih dari SIM fisik ke eSIM yang belum diaktifkan. Begini cara mengatasi masalah SIM yang tidak bisa terhubung dengan operator.   

1. Aktifkan dan nonaktifkan mode pesawat

foto: tangkapan layar

Salah satu cara paling sederhana untuk memperbaiki kesalahan tersebut adalah dengan mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat. Ini menonaktifkan sementara jaringan seluler dan internet, memungkinkan ponsel kamu mengatur ulang koneksinya dan berpotensi menyelesaikan masalah.

Di Android, geser ke bawah dari atas layar dua kali untuk mengakses panel Pengaturan Cepat. Kemudian, ketuk Mode Pesawat untuk mengaktifkannya. Tunggu beberapa detik dan ketuk Mode Pesawat lagi untuk mematikannya.

Jika menggunakan iPhone, buka Pengaturan dan gunakan sakelar Mode Pesawat untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya. Tunggu ponsel membuat koneksi baru dengan jaringan seluler. Jika semuanya berjalan dengan baik, kesalahan tersebut seharusnya tidak lagi muncul.

2. Mulai ulang ponsel

foto: freepik/mrdm

Ini mungkin tampak tidak mungkin, tetapi hanya mematikan dan menghidupkan kembali ponsel terkadang dapat mengatasi kesalahan tersebut. Oleh karena itu, patut dicoba.

Jika memiliki Android, tekan dan tahan tombol Daya atau Daya + Volume Naik—tergantung pada model ponsel—untuk mengakses menu mati. Kemudian, ketuk Mulai Ulang. Sama mudahnya untuk me-restart iPhone. Setelah ponsel dihidupkan kembali, periksa apakah masalah telah teratasi.

3. Masukkan kartu SIM dengan benar

foto: freepik/goodmood_studio

Apakah kamu baru saja beralih ke ponsel baru atau memasukkan kembali kartu SIM? Jika demikian, ada kemungkinan kartu SIM tidak terpasang dengan benar, yang dapat menyebabkan kesalahan.

Matikan ponsel dan gunakan alat ejektor SIM untuk melepas kartu SIM. Masukkan alat ke dalam lubang kecil di sebelah baki SIM untuk mengeluarkannya. Setelah kartu SIM keluar, tiup perlahan dan bersihkan dengan kain bebas serat untuk menghilangkan debu atau kotoran.

Pasang kembali kartu SIM yang sudah dibersihkan dengan hati-hati di baki, pastikan posisinya benar. Cari stiker di samping slot kartu SIM atau ukiran yang menggambarkan orientasi SIM yang benar. Setelah memasukkan kembali SIM, nyalakan kembali ponsel dan periksa apakah masih mendapatkan kesalahan tersebut.

 

Advertisement


(brl/red)