Cara memperbaiki kesalahan kartu SIM yang tidak bisa terkoneksi dengan operator  

Advertisement

Cara memperbaiki masalah kartu SIM

4. Aktifkan kartu SIM

foto: freepik/aon_freepik

Dalam kebanyakan kasus, operator kamu harus mengaktifkan kartu SIM dalam waktu 24 jam setelah dimasukkan ke ponsel baru. Namun, jika ini tidak terjadi, biasanya ada tiga opsi yang tersedia untuk mengaktifkan aktivasi.

1. Hubungi nomor otomatis.

2. Kirim SMS.

3. Masuk ke halaman aktivasi di situs web operator.

Semua opsi ini cepat dan mudah, tetapi keberhasilannya tergantung pada apakah operator kamu mendukungnya. Setelah mengaktifkan SIM, kesalahan biasanya akan hilang.

Jika SIM kamu sudah aktif, ada kemungkinan masalahnya terletak pada kartu SIM itu sendiri. Dalam hal ini, pilihan terbaik adalah mendapatkan SIM baru dari operator. Kamu dapat menghubungi penyedia jaringan untuk mendapatkan bantuan, tetapi kamu mungkin akan merasa lebih cepat untuk mengunjungi outlet operator secara langsung.

5. Perbarui layanan operator

foto: freepik

Seperti kebanyakan hal di ponsel Android, komunikasi antara perangkat dan jaringan seluler dikendalikan melalui aplikasi. Layanan Operator adalah aplikasi Google yang sudah diinstal sebelumnya di ponsel Android dan menerima pembaruan rutin.

Jika kamu mengalami kesalahan tersebut tanpa kamu berganti ke ponsel baru atau memasukkan SIM baru, mungkin ada masalah dengan Layanan Operator. Untuk memperbaikinya, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka halaman Layanan Operator di Play Store.

2. Jika ada tombol Perbarui yang terlihat, ketuk tombol tersebut untuk memperbarui aplikasi dan lihat apakah itu memperbaiki masalah.

Jika menggunakan iPhone, kamu dapat memeriksa pembaruan pengaturan operator dengan menuju ke Pengaturan > Umum > Tentang. Jika pembaruan tersedia, kamu akan melihat perintah “Pembaruan Pengaturan Operator”. Ketuk Perbarui untuk memulai penginstalan.

6. Hubungi operator atau penyedia jaringan

foto: freepik

Jika tidak ada yang berhasil, kamu dapat mempertimbangkan untuk menghubungi tim dukungan pelanggan operator. Jelaskan pesan kesalahan dan langkah-langkah yang telah kamu ambil sejauh ini kepada mereka.

Mereka dapat memandu kamu melalui langkah-langkah untuk mengidentifikasi masalah apa pun dengan perangkat, lokasi, atau akun kamu dan menyarankan solusi untuk memperbaiki masalah tersebut.

Fungsi utama ponsel adalah membantu kamu berkomunikasi dengan dunia luar. Namun, kesalahan seperti “SIM tidak disediakan MM2” terkadang dapat mengganggunya dan menyebabkan masalah. Untungnya, tidak ada yang tidak dapat kamu perbaiki dengan langkah-langkah yang disebutkan di atas.

Advertisement


(brl/red)