Cara memperbaiki masalah “Stick Drift” pengontrol PS5, bersihkan perangkat secara berkala

Advertisement

Techno.id - Buat kamu yang sering bermain PlayStation5 (PS5) mungkin pernah mengalami masalah “Stick drift” pada perangkat pengontrol. Stick drift pada kontroler PS5 adalah masalah di mana salah satu dari analog stick bergerak sendiri, bahkan ketika kamu tidak menyentuh kontroler.

Masalah ini terjadi baik saat reticle di layar yang bergerak sendiri atau karakter kamu perlahan-lahan bergerak ke arah tertentu. Masalah ini dapat mengganggu permainan karena akan menggerakkan stick dan mengubah gerakan atau penargetan dalam game.   

Masalah ini biasanya disebabkan keausan atau kotoran pada potensiometer mekanis yang digunakan di dalam kontroler. Potensiometer ini menggunakan kontak geser untuk mengukur perubahan tegangan, yang sesuai dengan nilai pada sumbu X dan Y. Ketika kontak ini menjadi aus atau kotor, stick drift dapat terjadi karena pembacaan yang salah.

Stick drift tidak selalu dapat diprediksi. Bisa muncul dan menghilang dari satu momen ke momen berikutnya. Setelah stick drift mulai terjadi, masalahnya tidak akan hilang dengan sendirinya.

Masalahnya kemungkinan hanya akan bertambah buruk sampai kamu memutuskan untuk melakukan sesuatu. Berikut beberapa langkah yang dapat kamu coba untuk memperbaiki masalah stick drift.  

1. Sesuaikan zona mati dan sensitivitas

foto: freepik/nadiiaaks

Zona mati (Dead Zone) mengacu pada jarak yang dapat kamu pindahkan ke pengontrol sebelum gerakan didaftarkan. Semakin besar zona mati, semakin banyak kamu harus menggerakkan stick sebelum melihat hasilnya di layar.

Zona mati yang lebih besar dapat membantu menutupi masalah stick drift dengan mengabaikan input kecil yang tidak diinginkan. Ini adalah perbaikan cepat, bukan solusi jangka panjang. Karena stick drift hanya akan bertambah buruk seiring waktu dan pada akhirnya perbaikan ini tidak akan berhasil.

Bergantung pada pengontrol DualSense yang kamu miliki. Cara ini mungkin tidak berfungsi sama sekali karena ini adalah pengaturan yang mungkin perlu kamu sesuaikan dalam setiap game. Untuk pengontrol DualSense standar, tidak ada kontrol zona mati. Sebagai gantinya, kamu harus meluncurkan menu pengaturan di game apa pun yang kamu mainkan dan mencari penggeser yang mengontrol zona mati pada stick pilihan kamu.

Jika memiliki pengontrol DualSense Edge, kamu dapat menyesuaikan pengaturan zona mati dengan membuat dan menggunakan profil khusus. Untuk melakukannya, nyalakan PS5 dan buka Pengaturan > Aksesori > Pengontrol Nirkabel DualSense Edge > Profil Khusus.

Gunakan opsi “Buat Profil Khusus” diikuti pengaturan “Sensitivitas Tongkat/Zona Mati” untuk memangkas masalah stick drift  secara efektif. Setelah meningkatkan zona mati, pengontrol akan terasa kurang presisi dan kamu mungkin merasa memiliki kontrol yang kurang baik dalam game. Mungkin lebih baik memiliki pengontrol yang terasa kurang presisi daripada pengontrol yang menunjukkan stick drift.

2. Bersihkan stik analog

foto: freepik/diegothomazini

Jika masalah disebabkan kotoran, ada kemungkinan pembersihan sederhana akan berhasil. Untuk ini, kamu memerlukan beberapa helai kapas dan alkohol isopropil 70%.

Alkohol sangat bagus untuk menghilangkan kotoran dan memiliki bonus menguap dengan cepat. Ini membuatnya relatif aman digunakan pada elektronik. Kamu juga tidak perlu khawatir mengeringkan pengontrol setelahnya.

Pastikan pengontrol kamu mati, untuk berjaga-jaga. Tekan dan tahan tombol PS hingga lampu padam. Gunakan alkohol secukupnya untuk menghilangkan lemak dan kotoran.

3. Ganti stik analog yang rusak

foto: freepik/eyeem

Satu hal yang akan menyelesaikan masalah stick drift adalah mengganti stick yang rusak. Bergantung pada pengontrol DualSense yang kamu miliki, ini bisa memakan waktu mulai dari beberapa menit hingga lebih dari satu jam.

Kabar baiknya bagi pemilik DualSense Edge adalah mengganti stick relatif mudah. Kamu dapat membeli modul stick pengganti dari Sony. Lepaskan penutup pengontrol menggunakan penggeser “Lepas” di bagian bawah bantalan. Sekarang tinggal menaikkan tuas pelepas, menggeser modul lama keluar, menggantinya dengan yang baru, dan menekan tuas pelepas lagi.

Untuk pengontrol DualSense standar, ini bukan pilihan. Sebagai gantinya, kamu harus membeli modul joystick pengganti, lalu ikuti panduan penggantian joystick untuk menyelesaikan perbaikannya.

Hanya saja proses ini membutuhkan pembongkaran seluruh pengontrol dengan hati-hati, pematrian modul joystick lama, penyolderan modul joystick baru, dan kemudian pemasangan kembali semuanya dengan mengikuti langkah-langkah secara terbalik. Meskipun panduannya cukup sederhana untuk diikuti, kamu memerlukan alat seperti solder dan kemampuan untuk melakukannya.

Advertisement


(brl/red)