Cara memperbaiki speaker ponsel Android yang tidak berfungsi

Advertisement

Techno.id - Pernah mengalami masalah speaker smartpohone Android kamu tiba-tiba mati atau tidak berfungsi? Kondisi ini bisa membuat frustrasi. Kerusakan speaker tidak hanya mengganggu kemampuan untuk mendengar panggilan dan notifikasi, tetapi juga dapat mengurangi kemampuan mendengarkan musik favorit, menonton reels Instagram yang menarik, atau menikmati suara game yang imersif.

Kerusakan pada speaker ponsel bisa berupa audio yang terdistorsi, terdengar teredam, atau benar-benar senyap. Jika mengalami masalah tersebut, jangn buru-buru panik. Karena biasanya masalah tersebut lebih sering disebabkan perangkat lunak daripada perangkat keras.

Masalah terkait suara seperti itu dapat timbul dari berbagai penyebab, termasuk gangguan perangkat lunak sementara, data cache yang rusak, atau gangguan dari aplikasi pihak ketiga. Tergantung pada situasinya, memperbaiki masalah bisa secepat membersihkan speaker ponsel atau sesulit menghapus partisi cache.

Jika kamu tidak yakin dengan penyebabnya, lakukan perbaikan berikut untuk mengembalikan speaker ke kondisi optimal agar kamu bisa menikmati suara yang jernih dan tajam.

1. Mulai dengan perbaikan dasar

foto: freepik/rawpixel.com

Sebelum menyelami langkah-langkah pemecahan masalah yang lebih kompleks, ada baiknya untuk memastikan volume ponsel kamu tidak dimatikan atau disetel terlalu rendah. Buka pengaturan suara perangkat dan pastikan penggeser volume untuk media, nada dering, dan notifikasi dinaikkan.

Selain itu, pastikan ponsel tidak dalam mode senyap. Perbaikan sederhana lainnya adalah me-restart ponsel. Reboot cepat seringkali dapat mengatasi gangguan perangkat lunak kecil yang mungkin memengaruhi speaker.

Ponsel Android mungkin tidak memutar suara apa pun melalui speaker jika terhubung ke perangkat Bluetooth atau aksesori berkabel, seperti headphone. Untuk menghindari gangguan dari perangkat eksternal, matikan Bluetooth melalui panel Pengaturan Cepat dan lepaskan aksesori kabel apa pun.

Terakhir, pastikan mode Jangan Ganggu (DND) ponsel dimatikan, karena dapat membungkam notifikasi dan panggilan, sehingga seolah-olah speaker tidak berfungsi. Buka panel Pengaturan Cepat lagi dan ketuk opsi Jangan Ganggu untuk mematikannya.

2. Bersihkan kisi-kisi speaker dan periksa kerusakan

foto: freepik/bnmk0819

Seiring waktu, debu, serat, dan partikel lainnya dapat menumpuk di kisi-kisi speaker ponsel, sehingga menghalangi keluaran suara. Jika volume speaker ponsel Android kamu terlalu rendah atau teredam, membersihkan kisi-kisi speaker secara menyeluruh kemungkinan akan membantu.

Untuk membersihkan kisi-kisi speaker, pertama-tama matikan ponsel dan lepaskan casingnya. Kemudian, gunakan sikat lembut atau sikat gigi bersih untuk menggosok kisi-kisi dengan lembut untuk menghilangkan kotoran. Berhati-hatilah untuk tidak mendorong kotoran lebih jauh ke dalam ponsel saat membersihkan speaker.

Untuk kotoran yang lebih membandel, kamu dapat menggunakan sedikit isopropil alkohol pada kain microfiber. Yang terbaik adalah menghindari penggunaan udara terkompresi, karena dapat menyebabkan kotoran lebih masuk. Selain itu, hindari benda tajam seperti peniti atau jarum, karena dapat merusak jaring halus yang menutupi speaker.

Saat membersihkan speaker, kamu juga harus memeriksa ponsel apakah ada tanda-tanda kerusakan, terutama jika kamu baru saja menjatuhkannya atau memaparkannya ke kelembapan yang berlebihan. Keausan atau kelembapan yang terlihat dapat mengindikasikan masalah perangkat keras yang lebih serius yang mungkin memerlukan perbaikan profesional.

3. Boot ponsel ke mode aman

foto: freepik/vectonauta/dimodifikasi

Mem-boot ponsel Android ke mode aman dapat membantu mendiagnosis dan menyelesaikan berbagai masalah, termasuk masalah speaker. Dalam mode aman, Android hanya menjalankan aplikasi dan layanan sistem penting, memungkinkan kamu menentukan apakah aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah.

Untuk boot ke mode aman, tekan dan tahan tombol daya hingga menu daya muncul. Kemudian, tekan lama opsi “Power Off” dan ketuk OK untuk reboot ke mode aman. Perhatikan bahwa proses yang tepat dari memasuki mode aman mungkin sedikit berbeda tergantung pada produsen ponsel dan versi Android kamu.

Setelah ponsel dimulai ulang, kamu akan melihat tanda air “Mode aman” di sudut kiri bawah layar. Kamu kemudian dapat menguji speaker dengan memutar audio atau melakukan panggilan. Jika speaker berfungsi, aplikasi yang baru saja diinstal kemungkinan menjadi penyebabnya. Copot pemasangan aplikasi yang baru diinstal satu per satu untuk memperbaiki masalah, lalu cukup reboot ponsel dengan menonaktifkan mode aman.

Advertisement


(brl/red)