Cara memperbaiki tampilan waktu yang salah di ponsel Android biar tidak mengganggu rutinitas harian

Advertisement

Techno.id - Tampilan jam dan tanggal di ponsel Android membantu pengguna untuk mengetahui waktu dan jadwal. Biasanya, jam dan tanggal di ponsel akan diatur secara otomatis. Namun ada kalanya, jam di ponsel mati sehingga ada selisih beberapa menit atau hingga satu jam dengan waktu real time. Ini biasanya terjadi pada kasus yang ekstrim.

Mungkin kamu menganggap masalah kesalahan waktu di ponsel adalah hal sepele. Tapi tunggu dulu. Saat jam ponsel Android mati, akan berisiko kamu melewatkan alarm, pengingat, dan rapat penting. Selain itu, beberapa aplikasi mungkin mengalami masalah konektivitas atau kesalahan tampilan karena pengaturan waktu yang salah. Intinya, meskipun masalah ini tampak seperti ketidaknyamanan kecil, namun dapat mengganggu rutinitas harian. Untungnya, kamu dapat mencoba perbaikan ini.

1. Menonaktifkan dan mengaktifkan setelan tanggal otomatis

foto: tangkapan layar

Salah satu cara termudah untuk memperbaiki tanggal dan waktu yang salah di ponsel Android adalah dengan mengaktifkan pengaturan “Tanggal dan waktu otomatis”. Jika sudah diaktifkan, kamu dapat mencoba menonaktifkannya lalu menyalakannya kembali. Berikut cara melakukannya.

1. Buka Pengaturan.

2. Buka Manajemen umum > Tanggal dan waktu atau Sistem > Tanggal dan waktu.

3. Aktifkan tombol Tanggal dan waktu otomatis. Jika sudah aktif, matikan lalu hidupkan kembali.

2. Atur zona waktu dengan benar

foto: tangkapan layar

Zona waktu yang salah dapat menyebabkan perangkat Android menampilkan tanggal dan waktu yang salah, terutama selama transisi waktu musim panas (daylight saving time/DST). Untuk menghindari hal ini, pastikan ponsel Android kamu disetel ke zona waktu yang benar sehingga secara otomatis menyesuaikan saat DST dimulai atau berakhir. Berikut cara menyesuaikan zona waktu di Android.

1. Buka Pengaturan.

2. Buka Manajemen umum > Tanggal dan waktu atau Sistem > Tanggal dan waktu, tergantung pada perangkat kamu.

3. Aktifkan sakelar di samping Zona waktu otomatis dan Atur zona waktu berdasarkan lokasi.

3. Atur tanggal dan waktu secara manual

foto: tangkapan layar

Masih belum berhasil? Jika demikian, kamu dapat memperbaiki tanggal dan waktu secara manual. Berikut cara melakukannya.

1. Buka Pengaturan.

2. Buka Manajemen umum > Tanggal dan waktu atau Sistem > Tanggal dan waktu.

3. Nonaktifkan tombol Tanggal dan waktu otomatis.

4. Ketuk Opsi Tetapkan tanggal dan Atur waktu untuk mengoreksi tanggal dan waktu secara manual.

5. Ketuk Pilih zona waktu dan pilih zona waktu yang sesuai secara manual.

Pendekatan ini adalah yang paling efektif, terutama jika kamu mengalami waktu yang salah pada beberapa kesempatan dalam periode tertentu. Namun, ingatlah bahwa kamu harus mengatur waktu dan tanggal secara manual setiap kali melakukan perjalanan ke zona waktu yang berbeda atau selama transisi DST.

4. Mulai ulang ponsel

foto: techno.id/yani andriyansyah

Memulai ulang ponsel adalah cara yang efektif untuk memperbaiki semua jenis masalah. Melakukannya akan menghapus gangguan sementara yang mungkin menyebabkan ponsel Android menampilkan tanggal dan waktu yang salah.

Tekan dan tahan tombol samping ponsel dan pilih Mulai Ulang. Tunggu hingga ponsel hidup kembali dan lihat apakah masalah telah teratasi.

5. Instal pembaruan Android atau lakukan reset pabrik

foto: freepik/wirestock

Jika tidak ada tips di atas yang berhasil, masalahnya mungkin disebabkan bug terkait OS. Dalam hal ini, memperbarui ponsel Android kemungkinan akan memperbaikinya. Namun, jika masalah berlanjut, kamu dapat mempertimbangkan untuk mengatur ulang ponsel ke setelan pabrik sebagai upaya terakhir. Melakukan ini akan menghapus semua data di perangkat, jadi pastikan untuk mencadangkan informasi penting apa pun sebelum melanjutkan.

Advertisement


(brl/red)