Cara memperbaiki touchpad yang tidak berfungsi di laptop Windows

Advertisement

Techno.id - Touchpad adalah salah satu komponen penting dari laptop Windows. Mungkin kamu sulit untuk menyelesaikan banyak tugas ketika tiba-tiba touchpad berhenti berfungsi, terutama jika kamu tidak terbiasa dengan pintasan keyboard Windows.

Apakah touchpad laptop tidak responsif terhadap klik, gerakan, atau gerakan dasar, jangan khawatir. Dimungkinkan untuk memperbaiki masalah yang mendasarinya. Touchpad yang tidak berfungsi dapat timbul dari berbagai masalah, termasuk gangguan perangkat lunak, masalah perangkat keras, driver yang kedaluwarsa, atau bahkan perubahan pengaturan yang tidak disengaja.

Dalam kebanyakan kasus, kamu dapat menyelesaikan masalah touchpad sendiri dengan beberapa langkah pemecahan masalah sederhana. Dari memeriksa pengaturan touchpad hingga memperbarui driver. Berikut beberapa tips untuk memperbaiki touchpad yang tidak berfungsi di laptop Windows 10 atau 11. Sebelum mulai, sambungkan mouse jika memungkinkan, karena ini akan memudahkan navigasi melalui pengaturan yang diperlukan saat memecahkan masalah.

1. Coba perbaikan dasar

foto: freepik

Touchpad laptop mungkin tidak merespons klik atau gerakan jika kamu tidak sengaja menonaktifkannya. Sebagian besar laptop memiliki tombol fungsi, sering diberi label dengan ikon touchpad, seperti F5 atau F7 yang mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad.

Tekan tombol Fungsi (Fn) bersama dengan tombol sakelar touchpad yang sesuai untuk melihat apakah menyala kembali. Selain itu, kamu harus memeriksa pengaturan touchpad di Windows. Untuk melakukan ini, navigasikan ke Pengaturan > Bluetooth & perangkat dan pastikan sakelar Touchpad diaktifkan. Kemudian, klik Touchpad dan pastikan kotak centang “Biarkan touchpad aktif saat mouse terhubung” dicentang.

Debu, kotoran, atau minyak dari jari juga dapat memengaruhi touchpad dan menyebabkannya tidak berfungsi. Untuk memperbaikinya, matikan laptop dan bersihkan permukaan touchpad dengan lembut menggunakan kain microfiber. Hindari menggunakan air atau bahan kimia keras, karena dapat merusak touchpad.

Jika perlu, kamu dapat menggunakan isopropil alkohol untuk menghilangkan kotoran membandel. Pastikan untuk melakukan ini saat laptop mati, dan biarkan benar-benar kering sebelum menghidupkan kembali perangkat.

Perangkat eksternal, seperti mouse USB, keyboard, pengontrol game, dan periferal lainnya, terkadang dapat mengganggu fungsionalitas touchpad. Putuskan sambungan semua perangkat kabel dan nirkabel, lalu mulai ulang laptop untuk melihat apakah touchpad berfungsi dengan baik kembali.

2. Memperbarui atau menginstal ulang driver touchpad

foto: tangkapan layar

Driver touchpad di PC memungkinkan Windows mengenali dan berinteraksi dengan touchpad laptop dengan benar. Namun, jika driver ini sudah usang, touchpad laptop mungkin tidak berfungsi dengan benar. Perlu diingat, jika touchpad tidak berfungsi sama sekali, kamu mungkin perlu mencolokkan mouse. Perbarui driver touchpad di PC dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Tekan tombol Windows, ketik ”Device Manager” dan tekan Enter.

2. Perluas Human Interface Devices atau Mouse dan perangkat penunjuk lainnya.

3. Klik kanan pada perangkat touchpad dan pilih Perbarui driver.

4. Pilih Cari driver secara otomatis, lalu pilih opsi Cari driver yang diperbarui di Pembaruan Windows untuk memperbarui driver.

Jika masalah berlanjut, driver touchpad di PC mungkin rusak. Dalam hal ini, buka Device Manager lagi, klik kanan pada driver touchpad, dan pilih Copot pemasangan perangkat. Kemudian, pilih Copot pemasangan untuk mengonfirmasi. Mulai ulang PC setelah ini, dan Windows akan mencoba menginstal ulang driver selama boot. Setelah itu, kamu seharusnya tidak mengalami masalah apa pun.

3. Setel ulang BIOS atau PC Windows

foto: tangkapan layar

Pengaturan BIOS yang salah dikonfigurasi pada PC juga dapat menyebabkan touchpad berhenti bekerja. Jika itu masalahnya, mengatur ulang pengaturan BIOS akan membantu memperbaiki masalah.

Untuk melakukan ini, buka menu BIOS di laptop Windows dan cari opsi untuk mengatur ulang pengaturan ke konfigurasi defaultnya. Opsi ini sering diberi label sebagai Load Setup Defaults, Load Optimized Defaults, atau Reset to Default.

Tekan tombol yang terkait dengan opsi reset, simpan perubahan, dan keluar dari menu BIOS. Jika mengatur ulang BIOS tidak menyelesaikan masalah, kamu dapat mempertimbangkan untuk mengatur ulang Windows sebagai upaya terakhir. Jangan khawatir, kamu dapat melakukan ini tanpa kehilangan file pribadi. Berikut cara melakukannya.

1. Tekan Windows + I untuk meluncurkan aplikasi Pengaturan.

2. Buka tab System atau tab Update & Security, dan klik Recovery.

3. Di bawah Opsi pemulihan, klik tombol Reset PC.

4. Pilih Simpan file saya dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan prosesnya.

Setelah Windows menyelesaikan reset, touchpad akan mulai berfungsi kembali di laptop. Jika tidak, masalahnya mungkin terkait dengan perangkat keras. Dalam hal ini, pilihan terbaik kamu adalah mengunjungi pusat layanan terdekat untuk memeriksa touchpad laptop.

Advertisement


(brl/red)