Cara memulai ulang iPhone untuk mengatasi masalah konektivitas dan kinerja yang mulai lemot

Advertisement

Cara merestart iPhone

Seberapa sering kamu harus me-restart iPhone?

foto: tangkapan layar

Kamu tidak perlu terlalu sering me-restart iPhone. Secara umum, iOS harus tetap stabil dan responsif bahkan setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan digunakan.

Terkadang, kamu mungkin mengalami masalah yang memerlukan restart. Misalnya, jika layanan atau fitur iOS inti berfungsi, ini dapat menunjukkan bahwa beberapa aspek sistem operasi telah mogok. Memulai ulang iPhone dapat membantu.

Beberapa contohnya termasuk tidak dapat melakukan panggilan telepon, menemukan “layar hitam” saat mencoba menggunakan kamera, perilaku bermasalah saat menggulir aplikasi, atau notifikasi tidak muncul sama sekali. Masalah lain bisa berupa gerakan tersentak-sentak saat menggulir, audio yang bermasalah atau retak, atau jeda lama saat meluncurkan aplikasi.

Beberapa masalah konektivitas dapat diselesaikan dengan restart juga, terutama layanan selular yang tidak responsif. Kamu harus terlebih dahulu mencoba mengaktifkan dan menonaktifkan Mode Pesawat untuk mengatur ulang koneksi antara iPhone dan operator, tetapi jika itu tidak berhasil, coba mulai ulang sebagai gantinya. Mungkin juga layak untuk dicoba jika kamu memiliki masalah Wi-Fi atau Bluetooth yang terus-menerus.

Jika masalah tampaknya terkait dengan aplikasi pihak ketiga (misalnya, Facebook), masalah mungkin tetap ada bahkan setelah dimulai ulang. Beberapa masalah dengan aplikasi ini mungkin telah diselesaikan, tetapi kamu mungkin ingin menggali lebih dalam masalah ini dan mencoba menghapus dan menginstal ulang aplikasi yang berperilaku buruk.

Tidak perlu me-restart iPhone secara rutin. Sebagian besar pengguna hanya memulai ulang perangkat mereka karena pembaruan perangkat lunak atau ketika kehabisan baterai.

Cara menghentikan loop boot iPhone

Membuat iPhone restart adalah satu hal, tetapi me-restart berulang kali adalah masalah yang sama sekali berbeda. Masalah ini dikenal sebagai loop boot dan memiliki serangkaian perbaikan terpisah.

Kamu dapat memulai dengan menggunakan metode force restart di atas. Namun, mungkin harus memasukkan iPhone ke mode DFU menggunakan serangkaian penekanan tombol yang tepat untuk melakukan perbaikan pemulihan lanjutan tingkat rendah. Jika iPhone kamu sangat tua dan sepertinya tidak ada yang membantu, mungkin sudah waktunya untuk menggantinya.

Advertisement


(brl/red)