Cara memulai ulang paksa MacBook yang nge-freeze atau tidak responsif

Advertisement

Techno.id - MacBook disukai banyak orang karena relatif memiliki pendekatan komputasi yang lebih rendah dibanding Windows. Artinya, perangkat Apple ini relatif lebih kebal terhadap masalah komputasi umum, seperti pembekuan sistem (nge-freeze) yang tidak terduga atau tidak responsif.

Namun kondisi tersebut bisa saja terjadi pada MacBook karena beberapa alasan. Biasanya, ketika MacBook nge-freeze, aktivitas di layar dapat terhenti dalam berbagai cara, seperti kursor macet, klik tidak menghasilkan respons apa pun, atau jendela aplikasi mulai bekerja atau bermasalah.

Ada skenario di mana sistem Force Quit tidak bisa diandalkan dan trik yang terkait dengan Dock juga tidak memberikan solusi apa pun. Kesalahan MacBook seperti itu dapat muncul karena file yang rusak, pembaruan perangkat lunak yang buruk, terlalu banyak beban pada sumber daya sistem, atau adanya elemen perangkat keras yang tidak berfungsi dengan baik. Di sisi yang lebih serius, MacBook yang tidak responsif juga bisa disebabkan masalah Kernel, yang membutuhkan boot baru.

Pada tingkat teknis, itu bisa jadi karena proses perangkat lunak yang membebani RAM, aplikasi yang menghabiskan pemrosesan sistem, perangkat lunak yang bermasalah, atau konflik perangkat keras. Dalam situasi seperti itu, memulai ulang (restart) paksa dapat membawa sistem kembali ke keadaan normal dengan membersihkan file sementara dan membongkar sumber daya sistem menuju peluncuran tingkat OS yang baru. Ini sering kali merupakan cara tercepat dan termudah untuk menyelamatkan MacBook yang tidak responsif.

Langkah-langkah mengistirahatkan MacBook 

foto: freepik

Jika layar MacBook tidak responsif, berikut adalah langkah-langkah untuk memulai ulang paksa.

1. Di sudut kiri atas layar, klik ikon Apple.

2. Selanjutnya, di menu tarik-turun, pilih opsi Shut Down. Kamu juga dapat menggunakan opsi Restart tergantung pada seberapa mendesak perlu melanjutkan pekerjaan.

3. Jika kamu tidak melihat kursor atau jika kursor tidak merespons gerakan mouse dan touchpad, coba tekan lama tombol daya fisik hingga layar menjadi gelap.

4. Biarkan MacBook menjadi dingin selama satu atau dua menit, dan tekan lagi untuk menghidupkan kembali sistem.

5. Jika solusi yang disebutkan di atas tidak berhasil, kamu dapat mencoba menekan tombol Control + Command + Option + Power secara bersamaan untuk menekan perintah pintasan shutdown MacBook.

6. Sebagai upaya terakhir, dengan asumsi metode sebelumnya tidak berhasil, kamu juga dapat menahan tombol daya setidaknya selama 10 detik untuk memaksa mematikan.

Namun, jika tidak ada langkah yang dijelaskan di atas yang berhasil, biarkan MacBook menguras baterainya atau cabut kabel daya. MacBook yang membeku biasanya melakukan booting secara normal setelah manuver baterai terkuras atau mati.

Perlu diingat bahwa untuk situasi di mana daya mati tidak membantu atau perangkat macet di layar logo Apple, yang terbaik adalah menghubungi dukungan Apple.

Advertisement


(brl/red)