Cara menambahkan aplikasi favorit dari ponsel atau tablet ke Android Auto

Advertisement

Techno.id - Saat ini hampir semua industri otomotif menyematkan Android Auto pada produk mereka. Tujuannya untuk memberikan pengalaman digital pada pengguna. Di samping itu, Google juga telah bekerja keras untuk memperluas dan memperbarui Android Auto dan platform ini telah berkembang pesat. 

Sekarang Android Auto menjadi platform yang dapat digunakan dan ramah pengguna, ditambah lagi ada banyak aplikasi yang kompatibel dengan Android Auto. Hampir semua handset Android baru yang menjalankan Android 12 atau yang lebih baru dilengkapi dengan Android Auto yang sudah diinstal sebelumnya. Jika kamu perlu menginstal Android Auto, dapat mengunduh dan menginstalnya melalui Google Play store.

Meskipun Google menyerahkannya kepada pengembang untuk membuat aplikasi mereka berfungsi, menginstal aplikasi yang kompatibel semudah mengunduhnya dari Google Play store.

Menambahkan aplikasi

foto: freepik/syda_productions

Jika kamu mencolokkan ponsel untuk pertama kalinya, ada beberapa rintangan yang perlu kamu lewati di handset dan layar mobil. Cara ini hanya akan berhasil saat mobil tidak bergerak. Diperlukan kabel USB yang sesuai dengan mobil kamu. Beberapa mobil yang lebih baru memiliki USB-C di dalamnya, jadi periksa kembali koneksinya.

Instal Android Auto  

foto: android.com

Saat kamu mencolokkan ponsel ke mobil yang kompatibel dengan Android Auto, aplikasi yang didukung atau setidaknya beberapa aplikasi Google yang paling populer, bisa dimuat ke laci aplikasi.

Kamu dapat menambahkan lebih banyak aplikasi ke layar beranda jika mau, ketuk ikon baki aplikasi yang terlihat seperti 9 titik dalam baris 3 x 3 kamu dapat beralih menggunakan ikon di kiri bawah layar antara tampilan terpisah dan peta. Ketuk ikon + atau Ketuk Sesuaikan untuk menambahkan aplikasi yang kompatibel ke Android Auto. Biasanya ikon di bagian paling akhir, dan kamu perlu menggulir ke bawah untuk menemukannya.

Hanya aplikasi yang kompatibel yang akan ditampilkan, tidak semua aplikasi di ponsel. Kamu kemudian dapat mengetuk salah satu ikon aplikasi untuk menambahkan. Tanda centang akan menunjukkan kepada kamu mana yang telah ditambahkan ke laci aplikasi. Ketuk ikon kembali dan selesai. Di beberapa mobil, kamu mungkin perlu mengatur aplikasi Android Auto di ponsel setelah menekan Sesuaikan. Periksa perintah ponsel.

Musik dan navigasi

foto: freepik

Dua aplikasi yang paling umum digunakan adalah musik dan navigasi. Google Maps akan menjadi aplikasi navigasi GPS default. Hampir semua aplikasi musik, termasuk Deezer, Spotify, dan Sirius, bekerja dengan mulus dan dapat dikontrol dengan suara.

Di beberapa mobil, kamu dapat mengatakan, ”Ok Google”, dan dapat memberikan perintah dan meminta musik untuk diputar. Beberapa merek mobil mungkin mengharuskan kamu mengetuk tombol di setir untuk memanggil Asisten Google.

Advertisement


(brl/red)