Cara menambahkan atau menghapus bilah pencarian Google dari layar beranda ponsel cerdas Android

Advertisement

Techno.id - Saat membuka layar beranda Android, kita memiliki preferensi pribadi di dalam smartphone tersebut. Hal yang menyenangkan dari Android adalah menawarkan banyak opsi penyesuaian, sehingga bisa membuat smartphone tersebut lebih personal. 

Misalnya, kamu mungkin ingin menaburkan layar beranda dengan widget yang dibuat, sementara yang orang lain mungkin lebih suka tampilan yang lebih minimalis. Nah jika kamu  termasuk dalam kategori kedua, memiliki bilah pencarian Google di layar beranda mungkin sedikit mengganggu.

Meskipun bilah pencarian memudahkan untuk melakukan pencarian web, itu akan memakan lebih banyak ruang layar dan kamu dapat menghapusnya. Berikut cara menambahkan dan menghapus bilah pencarian Google dari layar beranda perangkat Android.

Cara menambahkan bilah pencarian Google ke layar beranda

foto: tangkapan layar

Jika kamu telah menghapus bilah pencarian Google dan menginginkannya kembali, atau hilang karena alasan yang tidak diketahui, menambahkannya kembali ke layar beranda adalah proses yang cukup mudah. Dengan aplikasi pencarian Google di layar beranda, kamu dapat langsung mencari sesuatu di web tanpa harus membuka aplikasi lain, yang dapat menghemat waktu.

Bilah Penelusuran Google adalah salah satu dari banyak widget yang dapat kamu tambahkan ke layar beranda Android. Oleh karena itu, kamu akan menggunakan metode yang sama untuk menambahkan bilah pencarian Google ke layar beranda seperti yang kamu lakukan dengan widget lainnya. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menambahkan bilah pencarian Google ke layar beranda.

1. Ketuk dan tahan ruang kosong di layar beranda.

2. Pilih Widget dari menu pop-up.

3. Gulir ke bawah hingga kamu menemukan aplikasi Google.

4. Ketuk aplikasi untuk melihat widget yang tersedia, lalu pilih widget Cari.

5. Ketuk dan tahan widget untuk menyeretnya ke lokasi yang kamu inginkan di layar beranda.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, bilah pencarian Google akan muncul di layar beranda dan kamu  akan dapat dengan cepat mencari di web kapan pun kamu perlu.

Advertisement


(brl/red)