Cara menambahkan dan menghapus widget dari layar beranda iPhone

Advertisement

Techno.id - Kamu dapat menambahkan widget ke Layar Utama iPhone untuk mendapatkan informasi secara sekilas. Aplikasi ini interaktif, sehingga kamu dapat melakukan hal-hal seperti menandai pesan sebagai telah dibaca dan menghapus email tanpa membuka aplikasi. Begini cara menambahkan, menghapus, dan menyesuaikan widget di Layar Beranda iPhone. 

Cara menambahkan widget ke layar beranda  

foto: techno.id/yani andriyansyah

Kamu dapat menempatkan widget di layar kunci iPhone (iOS 16 atau lebih baru), layar utama (iOS 14 atau lebih baru), dan di tampilan Hari Ini (halaman paling kiri di Layar Utama dan Layar Terkunci).

1. Untuk memulai, tekan dan tahan area kosong di layar beranda hingga ikon mulai bergoyang, lalu tekan tombol “Edit” di pojok kiri atas dan pilih “Tambah Widget” dari menu.

2. Kamu sekarang akan melihat galeri widget meluncur ke atas dari bawah. Di sini, kamu akan menemukan widget unggulan di bagian atas. Kamu dapat menggulir ke bawah untuk melihat daftar semua aplikasi yang menyediakan widgetnya sendiri. Kamu juga dapat mencari widget dari aplikasi tertentu dari bagian atas galeri widget.

3. Gulir ke bawah atau cari widget seperti “Cuaca”, lalu sentuh untuk memilihnya. Sekarang geser ke kiri atau kanan untuk melihat ukuran dan versi widget yang tersedia. Biasanya akan menemukan ukuran kecil, sedang, dan besar yang menampilkan informasi yang berbeda.

4. Tekan “Tambahkan Widget” di bagian bawah untuk langsung menambahkan jenis dan ukuran widget yang dipilih ke halaman Layar Beranda saat ini.

5. Saat ikon masih bergoyang, seret widget ke tempat yang kamu inginkan di layar. Setelah puas, tekan “Selesai” di pojok kanan atas untuk keluar dari mode pengeditan layar beranda.

6. Untuk mengubah ukuran widget di layar utama, sentuh dan tahan widget untuk menampilkan menu kontekstual, lalu gunakan ikon ukuran untuk beralih di antara opsi ukuran yang berbeda. iOS 18 mendukung widget dalam tiga ukuran, tetapi pengembang dapat memilih mana yang akan diterapkan.

Beberapa widget menampilkan pegangan seret untuk mengubah ukuran saat dalam mode pengeditan layar beranda. Widget interaktif memerlukan iOS 17, yang juga memungkinkan kamu menggunakan widget iPhone di Mac.

Buat tumpukan widget untuk menghemat ruang

foto: apple

iPhone kamu juga memungkinkan untuk menumpuk beberapa widget di atas satu sama lain. Untuk membuat tumpukan widget, seperti yang kamu lakukan dengan aplikasi untuk membuat folder.

Kamu dapat membolak-balik widget ini dengan menggesek tumpukan secara vertikal. Titik-titik di tepi menunjukkan jumlah widget di dalam tumpukan, dengan nama widget yang ditampilkan saat ini ditampilkan di bawah tumpukan.

iOS 14 atau versi lebih baru diperlukan untuk menggunakan Tumpukan Cerdas atau membuat tumpukan widget kamu sendiri.

Membuat tumpukan widget cerdas

foto: apple

Lebih baik lagi, mengapa tidak membuat iOS secara otomatis memunculkan widget yang tepat untuk saat ini? Itulah yang dilakukan fitur Smart Stack. Untuk membuat tumpukan pintar di layar beranda, cukup pilih “Tumpukan Cerdas” dari bagian atas daftar aplikasi di galeri widget.

Kecerdasan iOS secara otomatis memutar widget di tumpukan pintar berdasarkan lokasi, aktivitas, waktu, dan faktor lainnya. Kamu juga dapat menggesek secara manual.

Untuk mengubah tumpukan biasa menjadi tumpukan pintar dan sebaliknya, sentuh dan tahan tumpukan, pilih “Edit Stack”, dan alihkan “Saran Widget” di bagian bawah (diperlukan iOS 15 dan yang lebih baru). Mematikan opsi Smart Rotate akan menghentikan iOS agar tidak memunculkan widget secara dinamis.

Advertisement


(brl/red)