Cara mencadangkan dan memulihkan WhatsApp ke Google Drive

Advertisement

Cara mencadangkan WhatsApp ke Google Drive

Cara memulihkan cadangan WhatsApp dari Google Drive

foto: tangkapan layar

Saat kamu mengatur WhatsApp di ponsel baru atau yang sama, kamu memiliki opsi untuk memulihkan cadangan apa pun dari Google Drive. Jika ingin melakukannya, pertama-tama, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil, karena ponsel akan mengunduh seluruh cadangan dari Google Drive untuk memulihkannya.

Untuk membuat WhatsApp di ponsel, minta untuk memulihkan cadangan, menghapus, dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp. Lakukan itu dengan menuju ke Pengaturan > Aplikasi > Manajemen Aplikasi > WhatsApp, memilih “Copot pemasangan”, dan memilih “OK”.

Luncurkan Google Play Store di ponsel, ketik WhatsApp, pilih aplikasi, dan pilih “Instal”. Buka aplikasi yang baru diinstal dan pilih opsi “Pulihkan” untuk memulihkan cadangan dari Google Drive.

Cara menghentikan pencadangan Google Drive WhatsApp

foto: tangkapan layar

Jika tidak ingin WhatsApp membuat dan menyimpan cadangan di Google Drive, matikan cadangan menggunakan salah satu metode di bawah ini.

Menggunakan WhatsApp

Luncurkan WhatsApp, ketuk tiga titik di pojok kanan atas, dan pilih “Pengaturan”. Arahkan ke Obrolan > Cadangan Obrolan, ketuk “Frekuensi”, dan pilih “Tidak Pernah”.

Menggunakan Google Drive di desktop

Buka situs Google Drive, masuk ke akun kamu, dan pilih “Penyimpanan” di bilah sisi kiri. Klik dua kali cadangan WhatsApp pada daftar dan pilih “Matikan”. Pilih “Nonaktifkan” di prompt untuk mengonfirmasi tindakan.

Di pojok kanan atas Google Drive, klik ikon roda gigi dan pilih “Pengaturan”. Dari bilah sisi kiri, pilih “Kelola Aplikasi”. Di panel kanan, di sebelah “WhatsApp Messenger”, klik “Opsi” dan pilih “Putuskan Sambungan Dari Drive”. Pilih “Putuskan” di prompt.

Begitulah cara kamu mencadangkan obrolan WhatsApp ke cloud dan kemudian menemukan dan menghapus cadangan tersebut jika diinginkan.

Advertisement


(brl/red)