Cara mendapatkan kode PUK kartu SIM, cek kemasan atau hubungi layanan pelanggan
Techno.id - Kartu SIM fisik dari sebagian besar penyedia layanan telekomunikasi dapat terkunci secara default. Kamu harus memasukkan PIN (Nomor Identifikasi Pribadi) untuk membuka kunci dan menggunakannya pada ponsel. Jika kamu memasukkan PIN yang salah, biasanya akan mendapatkan dua kali kesempatan sebelum kartu SIM benar-benar terkunci.
-
Cara membuka kunci ponsel Android jika lupa PIN Kamu bisa melewati PIN, pola, sandi, atau kunci wajah
-
SIM hilang? Jangan takut, begini cara mengurusnya Dikutip dari halaman Facebook Divisi Humas Mabes Polri, cara mengurus SIM yang hilang cukup mudah karena tidak perlu melakukan ujian lagi.
-
Cara mengaktifkan kartu Telkomsel terblokir karena tidak isi pulsa Banyak cara untuk mengaktifkan kembali kartu terblokir.
Jika kondisi tersebut terjadi, maka kamu membutuhkan PUK (Personal Unlock Key) untuk membuka blokir kartu SIM dan mengatur ulang PIN. Sebagai informasi, PUK adalah kode delapan digit yang disertakan bersama kartu SIM bersama PIN.
Nah jika mengalami situasi di atas, kamu bisa menemukan dan mendapatkan kembali akses ke kartu SIM dengan PUK. Berikut cara mengetahui PUK kartu SIM.
1. Pada kemasan
Setiap kamu membeli kartu SIM baru, selalu dilengkapi dengan PIN SIM default empat digit dan delapan digit PUK yang tertera pada pada kemasan plastiknya. Karena alasan ini, kamu harus selalu menyimpan kemasannya di tempat yang mudah diingat. Tetapi bagaimana jika kamu kehilangan kemasan tersebut? Kamu bisa gunakan cara kedua di bawah ini.
2. Hubungi layanan pelanggan penyedia layanan
Sebagian besar penyedia layanan dapat memberikan PUK jika kamu menghubungi mereka. Kamu dapat menelepon menggunakan nomor alternatif (jika ponsel kamu terkunci) atau mengirim email. Dalam kebanyakan kasus, kamu harus mengonfirmasi identitas kamu dengan memberikan beberapa detail pribadi.
Setelah mereka mengonfirmasi identitas kamu, maka nanti kamu akan menerima PUK secara instan. Harap dicatat bahwa kamu mungkin harus mendapatkan kartu SIM baru jika tidak dapat membuktikan bahwa kamu adalah pemilik kartu yang diblokir.
3. Gunakan layanan online penyedia layanan
Jika penyedia layanan menawarkan sistem online, kamu bisa masuk ke situs web atau aplikasi selular mereka dan mencoba mencari PUK kamu. Jika kamu tidak dapat menemukannya, gunakan portal layanan pelanggan online mereka untuk meminta bantuan. Jika tidak ada sarana komunikasi online, kamu harus kembali menghubungi mereka seperti yang dijelaskan dalam metode sebelumnya.
Apa yang terjadi jika kamu salah memasukkan PUK?
Memasukkan PUK yang salah sebanyak sepuluh kali berturut-turut akan memblokir kartu SIM kamu secara permanen. Dalam kasus ini, kamu harus membeli kartu SIM baru dan meminta penyedia layanan untuk menghubungkannya ke nomor kartu kamu yang diblokir.
BACA JUGA :
- Wi-Fi vs data selular, mana yang lebih banyak menguras baterai ponsel kamu?
- Tri luncurkan HappyFlex, bantu Gen- Z atur sendiri kuota sesuai kebutuhan digital
- Indosat berkolaborasi dengan YOOV dukung kemajuan UMKM Indonesia
- Smartfren luncurkan kartu perdana golf, sasar segmen ultra premium
- Mengenal iSIM, kartu SIM yang ditanam langsung di dalam perangkat selular dan ini manfaatnya
(brl/red)