Cara menemukan iPhone yang hilang menggunakan perangkat lain termasuk Android dan komputer Windows

Advertisement

Techno.id - Jika iPhone kamu hilang atau dicuri, maka dapat melacaknya tanpa menggunakan taktik seperti berbagi nomor IMEI dengan operator, dengan asumsi kamu memiliki nomor tersebut. Tetapi ada beberapa cara berbeda untuk melacak iPhone yang hilang menggunakan perangkat lain. Yang paling mudah adalah dengan menggunakan produk Apple lain. Tetapi masih ada opsi yang tersedia jika kamu menggunakan Android atau Windows.

1. Cara menemukan iPhone menggunakan iPad atau MacBook

foto: freepik/rawpixel.com

Setiap perangkat Apple yang terhubung ke iCloud juga masuk ke aplikasi Lacak (Find My). Ini adalah jaringan pelacakan pihak pertama Apple. Aplikasi ini dapat melacak iPhone menggunakan perangkat ekosistem Apple, iPad, MacBook, termasuk beberapa aksesori seperti AirTag, AirPods, dan Apple Watch. Untuk melacak iPhone menggunakan iPad atau MacBook, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Pastikan perangkat kamu terhubung ke internet. Jika merasa iPhone kamu berada di dekatnya, periksa kembali apakah Bluetooth menyala di Pusat Kontrol.

2. Buka aplikasi Lacak.

3. Pilih tab Perangkat.

4. Klik atau ketuk nama iPhone kamu.

5. Pilih Putar Suara untuk membuat iPhone kamu memancarkan nada bernada tinggi. Jika iPhone kamu jauh, maka dapat memilih Petunjuk Arah untuk menavigasi melalui Apple Maps.

2. Cara menemukan iPhone menggunakan Apple Watch

foto: freepik

Jika kamu memiliki Apple Watch yang menjalankan watchOS 8 atau versi lebih baru, maka dapat menggunakan aplikasi Cari Perangkat onboard. Pada dasarnya, ini hanyalah versi yang dilucuti dari aplikasi Find My untuk iPhone dan iPad, tetapi bisa lebih kuat dalam skenario tertentu. Berikut cara menggunakannya.  

1. Pastikan Jam Tangan kamu terhubung ke internet.

2. Tekan mahkota digital untuk membuka daftar aplikasi, lalu luncurkan aplikasi Temukan Perangkat.

3. Ketuk iPhone kamu.

4. Pilih Putar Suara untuk membuat iPhone kamu mengeluarkan nada, atau Petunjuk Arah jika berada di tempat yang jauh. Kamu bisa menavigasi ke tujuan iPhone menggunakan Apple Maps.

Jika memiliki Apple Watch Series 9, Ultra 2, atau lebih baru, dan iPhone adalah iPhone 15 atau lebih baru, kamu dapat memanfaatkan fitur Pencarian Presisi. Fitur ini menggunakan teknologi ultra-wideband (UWB) untuk menentukan posisi yang tepat perangkat. Namun, iPhone harus dekat, biasanya dalam jarak beberapa puluh meter. Kamu mungkin juga perlu bergerak sedikit sebelum Jam Tangan menampilkan panah yang memberi tahu ke mana harus pergi.

3. Cara menemukan iPhone di web

foto: tangkapan layar

Apple menyadari bahwa iPhone mungkin satu-satunya perangkat seseorang dengan aplikasi Lacak, sehingga kamu juga dapat mengakses jaringan Lacak melalui iCloud.com. Caranya relatif mudah.

1. Buka icloud.com/find di browser web dan masuk dengan nama pengguna dan kata sandi Akun Apple kamu.

2. Pilih iPhone kamu di panel Semua Perangkat di sebelah kiri.

3. Klik Putar Suara untuk membuat iPhone mengeluarkan nada jika kamu berada di dekatnya.

Kelemahan utama antarmuka web adalah kamu tidak bisa mendapatkan petunjuk arah, meskipun Apple Maps ada di web. Jadi kamu harus memasukkan alamat ke Google Maps atau Waze jika ingin benar-benar menavigasi ke iPhone kamu yang hilang.

4. Cara menemukan iPhone menggunakan layanan pihak ketiga

foto: preyproject

Sebagai alternatif terakhir, ada layanan pihak ketiga yang dapat melacak iPhone, seperti Prey. Aplikasi ini memiliki keunggulan dibandingkan Lacak, seperti memicu pesan khusus, tetapi lebih sering akan dibatasi. Aplikasi ini memerlukan penginstalan perangkat lunak secara manual di iPhone dan mungkin kamu juga perlu membayar biaya berlangganan.

Advertisement


(brl/red)